Hj Ananda Tawarkan Program Ember Tapasan Bagi Ibu-Ibu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
(Foto : istimewa/klik)

Klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Sebagai satu-satunya pasangan calon yang mewakili kaum ibu, calon Walikota Banjarmasin Hj Ananda dan calon Wakil Walikota Banjarmasin Ustadz H Mushaffa Zakir Lc, berkomitmen untuk bisa mendorong kaum ibu di Kota Banjarmasin bisa lebih berdaya.

Salah satu upaya itu melalui program unggulan AnandaMu, yaitu Emak Berdaya Tangguh Pandai dan Berpenghasilan atau disingkat ‘Ember Tapasan’.

“Pada program ‘Ember Tapasan’ ini nantinya ada dua hal yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan ibu-ibu di Kota Banjarmasin menjadi lebih berdaya. Pertama, mendorong mereka bisa memiliki penghasilan sendiri melalui kegiatan wirausaha tanpa mereka harus meningalkan rumah atau kewajiban mereka sebagai Ibu. Lalu kedua, mengembangkan skill baik hard skill atau soft skill, agar memiliki keterampilan untuk lebih berdaya di masyarakat,” tegas Hj Ananda.

Agar bisa memiliki penghasilan sendiri, nantinya para ibu akan dilatih di Rumah Perezekian, supaya mereka bisa membuka usaha yang sesuai dengan minat dan keterampilan yang dimiliki.

“Jadi di Rumah Perezekian mereka akan dibimbing. Mulai dari konsep sampai usaha mereka berjalan. Setelah berjalan pun mereka tetap akan diberikan pendampingan manajemen usaha, bantuan promosi, hingga permodalan. Supaya usahanya bisa berkembang,” tambah mantan Ketua dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin itu.

Kemudian program ‘Ember Tapasan’ juga memberikan kesempatan bagi kaum ibu untuk mengikuti berbagai pelatihan pengembangan hard skill atau soft skill yang bekerjasama dengan instansi terkait maupun Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).

Pelatihan skill yang diberikan sendiri bermacam-macam, sesuai kebutuhan kaum ibu serta pelatihan yang memang diminati pasar saat ini. Bahkan yang terpenting, pelatih yang akan memberikan pelatihan adalah mereka yang memiliki kompetensi yang mumpuni di bidangnya.

BACA JUGA :
PKS Resmi Dukung Milhan di Pilkada Tapin

“Misalnya pelatihan menjadi guru yang baik bagi anak di rumah. Lalu ada pelatihan tentang menjadikan sampah rumah tangga menjadi bernilai, hingga bermacam pelatihan lainnya yang bisa bermanfaat bagi kaum ibu akan dilaksanakan secara rutin. Tujuannya, agar kaum ibu bisa mendapatkan pengetahuan dan skill baru, agar mereka jadi lebih berdaya,” tegasnya.

Tidak hanya sebatas program Ember Tapasan, Ananda berjanji jika dipercaya memimpin Kota Banjarmasin selama 3,5 tahun mendatang akan berupaya memberikan banyak kesempatan kepada kaum ibu untuk dapat berkarir dan menorehkan prestasi di bidang pemerintahan hingga swasta.

“Melalui berbagai cara tadi, saya tentunya berharap semakin banyak kedepannya kaum ibu yang dapat berdaya, baik bagi dirinya sendiri, keluarganya, hingga orang-orang di sekitarnya.  Insya Allah apabila Ibu berdaya, keluarga akan sejahtera dan Banjarmasin juga,” imbuh Runner Up 1 Puteri Indonesia Tahun 2006 itu.

Sekadar diketahui, calon Walikota Banjarmasin Hj Ananda dan calon Wakil Walikota Banjarmasin Ustadz H Mushaffa Zakir Lc nomor urut 4, dengan tagline ‘Berbenah Bersama’ ini diusung oleh sejumlah partai politik parlemen maupun non parlemen. Diantaranya PAN, PKS, Partai Golkar, Partai Nasdem, PKPI, Perindo, dan Partai Garuda.(sin/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top