HAS Siap Wujudkan Kesejahteraan Petani

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Klikkalintan.com, PARINGIN – Mewujudkan kesejahteraan petani juga menjadi prioritas pasangan H Abdul Hadi – H Supiani (HAS) jika memimpin Kabupaten Balangan.

HAS akan memprioritaskan pembangunan berbasis pertanian, berupa pengembangan usaha pertanian, peternakan dan perkebunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan warga Balangan.

Calon Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan, pertanian dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), akan menjadi salah satu fokus pengembangan ekonomi yang akan dilakukan nantinya.

Abdul Hadi menyebutkan, untuk meningkatkan dan menghidupkan gairah perekonomian di bidang pertanian dan UMKM perbaikan infrastruktur fisik dan non fisik harus dilakukan.

“Infrastruktur fisik ini salah satu yang sangat penting untuk mendongkrak perekonomian. Tetapi saya tidak ingin membuat akses infrastruktur hanya untuk melihat untuk menunjang perekonomian dalam jangka pendek. Tetapi harus kita bangun untuk melihat jangka waktu belasan tahun hingga puluhan tahun,” ungkapnya.

Kemudian pada infrastruktur non fisik, Abdul Hadi mengatakan perlu adanya perbaikan dalam akses pasar, hingga akses rantai pasok untuk pertanian dan UMKM.

“Bagaimana potensi pengembangan itu harus dibantu oleh pemerintah dari membuka akses pengembangan usaha, pengembangan pasar. Saya yakin potensi itu bisa dilakukan,” ungkapnya.

Tak luput dari perhatian Abdul Hadi, berkurangnya lahan produktif juga menjadi satu masalah yang harus diperhatikan nantinya.

“Kami bakal mendorong adanya konsep lahan pertanian berkelanjutan. Intervensi kebijakan jadi pilihannya, lewat pembuatan peraturan daerah serta peraturan bupati nantinya,” ucapnya.

Masalah ini, lanjutnya jadi perhatian HAS. Dan untuk membantu sarana produksi pertanian. Para penyuluh juga diberikan kemudahan. Termasuk akses buat mendapatkan benih dan pupuk.(***)

BACA JUGA :
Gerindra dan PAN, Said Abdullah: Selebihnya Tawakal

Berita Terbaru

Scroll to Top