Balangan Gelar Apel Siaga Hadapi Musim Hujan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Menghadapi musim hujan, BPBD Kabupaten Balangan bersama TNI,  Polri, dan beberapa organisasi social, menggelar apel siaga darurat penanganan bencana banjir, tanah longsor, dan angin, di Lapangan Tugu Maritam, Komplek Perkantoran Balangan, Paringin, Selasa (10/11/2020).

Pada apel gabungan bersama yang diikuti ratusan peserta ini, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid menjadi pembina apel, dengan dihadiri beberapa kepala SKPD Kabupaten Balangan.

Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid dalam amanatnya menyampaikan, menyikapi musim hujan yang sudah berlangsung saat ini, giat penanggulangan dan pencegahan bencana alam mulai digencarkan.

Kapolres Balangan berharap, apabila ada informasi terkait bencana, masyarakat cepat menginformasikan.

“Kami berharap informasi adanya bencana juga perlu disampaikan. Sehingga nanti instansi terkait cepat tanggap dalam menyikapi hal tersebut,” ucap AKBP Nur Khamid.

Apel kali ini, papar Kapolres, sebagai penanda kesiapan jajaran BPBD Balangan, TNI, dan Polri, serta relawan, untuk menangani bencana yang terjadi di Balangan. Terutama tanah longsor, banjir, dan kerusakan yang disebabkan oleh angin puting beliung.

Pengecekan terhadap alat yang akan digunakan untuk penanganan bencana juga dilakukan. Tak ketinggalan, pengecekan terhadap personel yang akan bertugas. Sedikitnya 150 personel, baik itu TRC BPBD Balangan, TNI, Polri, dan relawan disiagakan.

Beberapa posko, ungkap AKBP Nur Khamid, juga telah disiapkan untuk pelaporan. Baik di kecamatan maupun tingkat kabupaten. Tentunya, personel juga dalam posisi siaga satu dalam hal penanganannya.

Tak lupa, ia mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat musim hujan ini. Selain itu, apabila ada insiden bencana alam, diminta agar segera memberikan laporan.

Sebelumnya, BPBD Balangan juga mensiagakan personel untuk selalu siap menangani bencana yang terjadi. Bahkan beberapa waktu lalu, TRC BPBD Balangan bersama TNI, Polri, dan relawan, telah membantu penanganan bencana banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Tebingtinggi dan Awayan.(rdh/klik)

BACA JUGA :
BPN Balangan Serahkan 8.761 Surat Tanah kepada Warga

Berita Terbaru

Scroll to Top