‘BOBOBOT’ Bikin Penyebaran Informasi Publik di Banjarbaru Lebih Mudah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru melalui Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) melakukan uji coba aplikasi chatbot yang diberi nama ‘BOBOBOT’.

Kepala Dinas Kominfo Banjarbaru, Iwan Hermawan mengatakan, BOBOBOT sebuah aplikasi penyampaian informasi publik memanfaatkan platform pesan singkat yang sudah sangat populer di tengah masyarakat, WhatApps (WA)

Pertimbangan menggunakan platform WA, kata Iwan, pengguna tidak perlu menginstall aplikasi tambahan pada smartphone. “Jika aplikasi baru selain akan memakan memori, juga mengharuskan untuk mempelajari cara penggunaannya. Berbeda jika menggunakan platform WA yang sudah familiar dengan aplikasi ini,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Iwan, BOBOBOT dibekali kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sehingga memiliki kemampuan untuk menirukan percakapan manusia, maka masyarakat akan merasa seperti sedang mengobrol bersama petugas biasa melalui fasilitas percakapan.

“Tentunya dengan lebih cepat dan informasi yang lebih akurat. Kelebihan lain teknologi ini adalah layanan 24 jam dengan kuantitas pelayanan lebih banyak dibandjng pola konvensional,” katanya.
Disampaikan Iwan cara menggunakan BOBOT sangat mudah dengan hanya mengirim pesan ke nomor 0888-8080-807. Aplikasi akan secara otomatis memberikan balasan berupa informasi yang diinginkan.

“Saat ini sudah ada beberapa informasi yang dapat diakses melalui ‘BOBOBOT’ diantaranya, data perkembangan covid di Kota Banjarbaru, informasi penggunaan CCTV online, informasi tentang sebaran hotspot gratis di Banjarbaru, serta berbagai informasi lain yang nanti akan bertambah seiring dengan kebutuhan masyarakat Banjarbaru,” kata Iwan. (to/klik)

 

BACA JUGA :
Kabupaten Banjar Tuan Rumah IPQAH Suara Emas Virtual, Ini Kesiapannya

Berita Terbaru

Scroll to Top