HAS Siapkan Tenaga Kerja Andal

3
0 Shares

klikkalimantan.com, PARINGIN – Persoalan tingginya angka pengganguran Kabupaten Balangan menjadi catatan khusus Calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan H Abdul Hadi dan H Supiani (HAS).

Pasangan dengan jargon Asli Urang Balangan ini menilai jika persoalan penganguran ini jika tidak dicarikan solusi yang tepat maka akan menjadi persoalan sosial yang meluas di masyarakat.

Calon Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan, menghadapi era industrialisasi tenaga kerja lokal Balangan khususnya, harus mampu berkompetesi dengan tenaga kerja lainnnya dalam mengisi formasi kebutuhan tenaga kerja.

Menghadapi masuknya era industri tersebut, kata Abdul Hadi, tenaga kerja lokal harus di siapkan dengan sungguh- sungguh sehingga akan dapat mengisi formasi kebutuhan industri.

Caranya dengan memberikan pembekalan dan pelatihan tenaga kerja lokal dengan kualifikasi tertentu sebagaimana yang di syaratkan dan butuhkan oleh industri.

”Kami HAS akan mengoptimalkan keberadaan BLK ( balai latihan kerja ) sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas tenaga kerja bagi warga Balangan,’’ ucapnya.

Sebagai seorang politisi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dirinya kata Abdul Hadi, sangat memahami kebutuhan masyarakat terhadap pekerjaan, makanya dunia tenaga kerja harus dipahami betul-betul berapa kebutuhan tenaga kerja dengan kwalifikasi apa saja yang kini dan akan datang dibutuhkan oleh dunia dunia kerja.

Abdul Hadi mengambil contoh, di industri pertambangan kita harus detail faham berapa kebutuhan tenaga kerja yang dapat di serap dan dengan kwalifikasi apa. Sehingga kita siapkan mulai awal, bukan asal-asalan membuka pelatihan kerja.

“Kita harus mampu bersaing dengan tenaga kerja lain, tidak hanya untuk kebutuhan lokalBalangan, tapi jika memungkinan untuk regional Kalsel bahkan nasional “papar Abdul Hadi.

Dengan meningkatkan kualitas dan optimal BLK, kata Abdul Hadi, tenaga kerja yang di latih akan memiliki kompetensi di masing- masing bidang.

BACA JUGA :  Mendaftar di Hari Kedua, Pasangan Independen Andin - Guru Oton ‘Wanti-wanti’ KPU dan Bawaslu

”Tenaga kerja lokal harus siap dan mampu mengisi formasi yang tersedia, dengan demikian akan membuka peluang baru dan akan menurunkan angka pengangguran, ” tegasnya.

0 Shares
Advnativ