Kaur Keuangan Desa Dilatih Kelola Keuangan Via Aplikasi Terbaru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Banjar menggelar acara sosialisasi dan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), 23 – 26 November 2020 di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar di Inderasari, Martapura.

Diikuti seluruh kepala urusan (kaur) keuangan dan aparatur desa se-Kabupaten Banjar, sosialisasi diisi narasumber dari Satuan Tugas (Satgas) Siskeudes dan Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Banjar.

Noon Zairina Warsita, Ketua Panitia Pelaksana sosialisasi menyampaikan, kegiatan bertujuan agar aparatur tingkat desa mengerti dan memahami tata cara pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi Siskeudes dimulai

“Tahapan perencanaan, penganggaran, penatausahaan, dan pembukuan keuangan desa,” ujarnya.

Lebih lanjut tentang sosialisasi disampaikan Kepala DPMD Syahrialludin, dengan berlakunya Permendagri Nomor 20/2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, dan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif, maka mutlak diperlukan kebijakan penguatan kapasitas aparatur desa khususnya kaur keuangan Desa agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Berdasarkan itu, kata Syahrial, diperlukan penguatan dan peningkatan kapasitas pengelolaan. Pemda melalui DPMD memandang perlu diselenggarakan pelatihan siskeudes versi 2.0.3.

“Meskipun pelatihan berlangsung singkat, tetapi harapannya peserta pelatihanagar materi, pengetahuan dan keterampilan yang didapat dapat dikembangkann sebagai salah sau tugas pokok dalam pengelolaan keuangan desa,” kata Syahrial. (to/klik)

BACA JUGA :
Ketua DPRD: AnggotaTerpilih di Pileg 2024 Dibarapkan Dapat Lanjutkan Program

Berita Terbaru

Scroll to Top