Pastikan Bebas Narkoba, Pegawai Dinkes Tes Urine

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Klikkalimantan.com, PARINGIN – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan mengelar tes urine kepada seluruh pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan, Selasa (15/12/2020).

Kepala BNNK Balangan AKBP Katamsi melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Balangan Iwan Rasoully mengungkapkan, pelaksanaan tes urine bagi para pegawai Dinkes ini atas permintaan langsung oleh Kepala Dinkes Balangan.

“Ada 82 pegawai yang mengikuti tes urine dan semua hasilnya negatif atau  tidak ada  yang terindikasi reaktif  narkoba,” bebernya.

Kegiatan tes uren ini kata Iwan, merupakan bagian dari kegiatan deteksi dini penyalahgunaan narkoba. Selain itu, sebagai bagian dari tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) P4GN Tahun 2020-2024.

“Persoalan narkoba ini jadi tanggung jawab kita bersama, kami di BNNK Balangan juga terus berkomitmen memerangi narkoba di Bumi Sanggam,” tegasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinkes Kabupaten Balangan Erwan Mega Karya Latif mengungkapkan, permintaan tes urine berangkat dari kekhawatiran terhadap penggunaan narkotika di lingkungan pegawai pemerintah.

“Sebagai abdi negara tidak sepatutnya ASN atau pegawai mengonsumsi narkoba dan harus memberikan teladan kepada masyarakat dengan hidup sehat tanpa narkoba,” imbuhnya.

Ia menegaskan, apabila ada pegawai atau ASN yang kedapatan positif mengonsumsi maupun mengedarkan narkoba, maka akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

Pemkab Balangan sendiri,  Iwan yang juga berupakan Plt Sekda Pemkab Balangan ini, akan terus mendukung pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

“Pemkab Balangan akan terus mendukung pemberantasan narkoba, termasuk dukungan bagi BNNK Balangan dalam upayanya mencegah peredaran gelap narkoba di Bumi Sanggam,” pungkasnya.(rdh/klik)

BACA JUGA :
Perbaiki Prestasi, Balangan Raih Juara 3 di Event Wisata Budaya Kalsel

Berita Terbaru

Scroll to Top