Kebakaran yang Menimpa Rumah Rebo Hanya Sisakan Baju di Badan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Guna meringankan beban masyarakat di RT 02, Kampung Baru, Kelurahan Sungai Paring, Kecamatan Martapura yang pada 16 Desember 2020 lalu rumahnya ludes dilalap Si Jago Merah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali mengucurkan dana bantuan.

Didampingi perwakilan dari BAZNAS Kabupaten Banjar, bantuan dana tersebut langsung diserahkan Lurah Sungai Paring, Dadang HS, kepada warga yang rumahnya tertimpa musibah kebakaran, yakni Kartino.

“Kita sebagai pihak Kelurahan Sungai Paring, tentunya merasa sangat prihatin atas musibah kebakaran yang menghanguskan rumah Kartino yang akrab disapa warga dengan nama An Rebo ini,” ujar Dadang kepada klikkalimantan.com pada, Kamis (17/12/2020).

Dadang yang pernah menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar tersebut mengatakan, dengan adanya bantuan berupa dana dari BAZNAS tersebut, diharapkan dapat meringankan beban An Rebo dan keluarganya.

“Setidaknya dana tersebut dapat mereka gunakan untuk menambah biaya untuk keperluan perbaikan rumahnya yang hangus terbakar. Mudah-mudahan bantuan lainnya pun, seperti bantuan logistic, juga disalurkan Pemkab Banjar, melalui BPBD dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banjar,” harapnya.

Selaku Komando Wilayah Kelurahan Sungai Paring, Dadang mengimbau kepada masyarakat agar sebelum bepergian melakukan pengecekan di dapur, dan barang elektronik lainnya guna mencegah insiden kebakaran.

“Sumber api ini kan bisa datang dari mana saja. Baik kompor, arus pendek listrik, bohlam lampu, dan lain sebagainya. Untuk itu kita harus siaga dan waspada akan bahaya kebakaran,” imbaunya.

Di tempat yang sama, usai menerima bantuan dari BAZNAS, An Rebo yang berprofesi sebagai buruh bangunan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Banjar yang telah menyalurkan bantuan, termasuk instansi terkait lainya.

BACA JUGA :
Walikota Banjarbaru Fungsionalkan Empat Pejabat Esselon II

“Bantuan ini akan kami gunakan sebaik-baiknya. Terlebih, saat insiden kebakaran terjadi, saya tidak berada di rumah karena baru dapat panggilan kerja lagi. Dan saat itu hanya istri dan anak perempuan saya saja yang berada di rumah. Sehingga semua harta benda saya habis semua terbakar. Yang tersisa hanya baju di badan saja,” ujarnya.

Tak hanya rumah Rebo yang terbakar. Namun, rumah orangtuanya yang berdempetan dengan bangunan rumahnya pun terkena dampaknya. Sehingga, atas insiden tersebut, 5 Kepala Keluarga (KK) yang menghuni rumah tersebut terpaksa mengungsi sementara.

“Saat ini kami ngungsi di rumah Pak RT. Beliau mau menampung kami, karena hubungan kami sudah seperti saudara,” tuturnya.

Dari informasi yang didapat klikkalimantan.com di lapangan, bantuan berupa logistik dari BPBD Kabupaten Banjar tengah dalam perjalanan menuju rumah korban kebakaran.(Zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top