Komisi IV DPR RI Reses ke BPBAT Mandiangin

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar kedatangan rombongan reses Komisi IV DPR RI, Sabtu (19/12/2020).

Dipimpin Endang Setyawati Thohari, reses ke unit pelaksana teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI ini untuk meninjau kondisi sarana prasarana, serta program yang telah dilaksanakan BPBAT Mandiangin.

Endang mengatakan, setelah melihat langsung program dijalankan KPP, Komisi IV DPR mengapresiasi dan bangga dengan KKP yang dapat menginspirasi kita semua untuk dapat menjaga dan mensukseskan kedaulatan pangan di masyarakat.

Dipaparkan Endang, kedaulatan pangan yang perlu dibangun tak hanya bersumber nabati, tapi protein hewani seperti ikan. Karena itu Komisi IV DPR RI siap mendukung agar program – program yang telah dilaksanakan dengan baik dapat diaplikasikan serta berkembang di masyarakat.

“Kita memiliki banyak SDM peneliti yang dapat dimanfaatkan untuk dapat memodifikasi teknologi yang sudah ada agar dapat diterapkan dengan sederhana dan sesuai dengan kearifan lokal. Dengan kolaborasi kita bersama, Indonesia akan bersembada pangan serta menuju Indonesia yang adil dan makmur,” kata Endang.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto yang turut mendampingi dalam acara kunjungan kerja tersebut menghaturkan terimakasih kepada Komisi IV DPR RI yang telah berkenan untuk meninjau secara langsung serta melihat penerapan program serta teknologi yang sudah dihasilkan oleh BPBAT Mandiangin.

“Kami merasa bangga dapat menunjukkan secara langsung bentuk implementasi dukungan anggaran yang telah diberikan oleh Komisi IV DPR melalui aplikasi teknologi budidaya di BPBAT Mandiangin maupun bantuan yang diserahkan kepada masyarakat pelaku usaha perikanan khususnya bidang perikanan budidaya,” lanjut Slamet.

Pada kegiatan reses, diserahkan bantuan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan berupa benih dan calon induk ikan, pakan ikan mandiri, paket bantuan sarana budidaya ikan hias, paket bantuan budidaya ikan sistem bioflok, serta bantuan modal usaha kepada pebudidaya ikan dengan nilai mencapai Rp3 Miliar.

BACA JUGA :
Dewan Bahas LKPJ Walikota Banjarmasin TA 2020

Atas bantuan yang diserahkan, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, Dinas Perikanan, HM Riza Dauly mengucapkan terima kasih atas bantuan bagi pelaku usaha di sektor perikanan tersebut.

Terkait reses yang dilakukan Komisi IV DPR RI, Riza mengatakan hal itu sebagai langkah nyata upaya pengawasan dan evaluasi memastikan program-program pemerintah tepat sasaran dan bermanfaat. (to/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top