DPRD Banjarmasin Ingatkan Belajar Tatap Muka Jangan Dipaksakan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Klikkalimantan.com, BANJARMASIN – DPRD Kota Banjarmasin meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) untuk mengkaji dan meninjau ulang pelaksanaan belajar tatap muka yang direncanakan dimulai pada Januari 2021 ini.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin, Norlatifah, seiring mencuatnya penundaan pembelajaran tatap muka yang disampaikan Kementerian Pendidikan. Sementara, Disdik Kota Banjarmasin berencana tetap melaksanakan belajar tatap muka.

“Kita harap ini menjadi pertimbangan, apakah belajar tatap muka atau daring,” katanya.

Menurut Norlatifah, meski kewenangan telah diserahkan kepada masing-masing pemerintah daerah untuk memutuskan apakah dilaksanakan belajar tatap muka atau tidak, namun hal itu tentu harus didasari atas kajian dan pertimbangan matang. Agar tidak menimbulkan persoalan dan klaster baru di sekolah.

Pihaknya, papar Norlatifah, tak ingin siswa dan para pendidik justru tidak terlindungi kesehatannya bila keputusan belajar tatap muka yang diambil tidak matang dan kurang memperhatikan kesehatan para peserta dan pendidik yang ada.

“Sikap kami, tentu mengikuti apa yang sudah disampaikan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kemendikbud, yakni menunda rencana belajar tatap muka,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali pun punya tanggapan yang sama. Ia bahkan dari awal tidak sepenuhnya mendukung dilaksanakannya belajar tatap muka.

“Kalaupun demikian, jangan sampai dipaksakan. Sebab, ada kekhawatiran munculnya klaster baru Covid-19,” katanya.

Ditanya soal efektivitas belajar tatap muka dengan belajar online, Matnor Ali menyebut tidak ada perbedaan yang mencolok. Namun, belajar tatap muka menuntut guru lebih kreatif membuat silabus pembelajaran.

“Kalau materi pembelajarannya bagus, tentunya belajar tatap muka atau daring tidak ada masalah. Hanya saja, sebagian orangtua siswa merasa kerepotan mendampingi anaknya untuk belajar, dan kita paham akan hal itu,” sebutnya. (sin/klik)

BACA JUGA :
Ibnu Sina Resmikan Shilter Air 0 Km

Berita Terbaru

Scroll to Top