Banjir di Kabupaten Banjar Rendam Tujuh Kecamatan

BPBD Siapkan Logistik dan Dapur Umum

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Banjir akibat tinggi intensitas hujan beberapa pekan terakhir terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar. Sedikitnya, banjir merendam di tujuh kecamatan. Yakni, Kecamatan Pengaron, Astambul, Martapura, Martapura Timur, Martapura Barat Karang Intan, dan Sungai Tabuk.

Menurut Irwan Kumar, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, banjir terjadi karena tingkat curah hujan tinggi. Kondisi ini juga membuat ketinggian air di wilayah dataran tinggi, seperti di daerah Pengaron dan Mengkauk juga tinggi.

Karena itu di mengimbau kepada seluruh masyarakat tetap waspada dan berhati-hati. Kepada warga yang terdampak banjir, agar segera melapor ke aparat desa untuk didata. “Tujuannya agar kami bisa menyiapkan bantuan sesuai data,” kata Irwa Kumar.

Dikatakan Kumar, pihaknya telah menyiapkan logistik untuk dikirim ke wilayah terdampak banjir. Bersama Dinas Sosial (Dinsos), dapur-dapur umum siap didirikan di wilayah terdampak banjir. Jika tidak memungkinkan dibangun di wilayah banjir, kata Kumar, dapur umum akan didirikan di kantor kecamatan.

“Jika di desa tidak ada tempat yang bisa dijadikan pengungsian, Pemkab Banjar telah menyiapkan tempat untuk pengungsian di Kantor Camat Martapura, dan Stadion Demang Lehman akan disiapkan jika memang diperlukan,” kata Irwan Kumar. (to/klik)

Advnativ