Vaksinasi Perdana di Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina yang Pertama

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar pencanangan/pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk Walikota, Wakil Walikota, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Jalan Pramuka, Banjarmasin Timur, Kamis 14/1/2021.

Kemudian, vaksinasi dilanjutkan untuk tenaga medis dan tenaga kesehatan. Hal itu mengacu pada arahan dari Pemerintah Pusat yang memprioritaskan tenaga kesehaan (nakes), tokoh agama, tokoh masyarakat, serta kepala daerah, guna memberikan contoh bahwa vaksin Sinovac itu halal dan aman.
“Ini kita vaksinasi untuk kepala daerah, tokoh masyarakat, kemudian pimpinan-pimpinan instansi, untuk memberikan contoh kepada masyarakat secara umum bahwa vaksin ini halal dan aman,” kata Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, usai menjalani suntik vaksin (vaksinasi) Covid-19, sebagai orang pertama di Kota Banjarmasin, Kamis (14/1/2021).

Ibnu Sina berharap, proses vaksinasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan secepatnya, karena kuota yang diajukan untuk Kota Banjarmasin secara keseluruhan berjumlah lebih dari 400.000 dosis vaksin.

“Yang dilaksanakan hari ini, menurut laporan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, adalah vaksin yang kita terima sudah 14 ribu sekian. Itu diprioritaskan dulu untuk 8 ribu tenaga kesehatan yang sudah terdaftar,” ucapnya.

Ibnu Sina menambahkan, peserta yang boleh mengikuti vaksinasi tersebut hanya yang mendapatkan SMS secara resmi dari 1199 Kementrian Kesehatan. Oleh karena itu, sebelum divaksin, mesti harus melalui 3 meja tahapan vaksinasi.

“Meja pertama pendaftaran dengan memperlihatkan sms tadi. Meja kedua skrinning, dalam bentuk tanya jawab dan juga pengambilan darah. Baru ke meja tiga, tempat pemberian vaksin dilakukan,” bebernya.

Ibnu berpesan kepada masyarakat secara keseluruhan, agar tidak takut terhadap vaksin yang sudah disediakan oleh Pemerintah. Sebab vaksin tersebut sudah teruji dan mendapati hasil kesimpulan bahwa vaksin halal dan aman.

“Saya tidak ada rasa pusing atau apa. Mudah-mudahan vaksin ini bisa bekerja dengan baik, dan mudah-mudahan meningkatkan imun kita terhadap ancaman Covid-19,” pungkasnya. (sin/klik)

 

Advnativ