Banjir Kepung Kalimantan Selatan, Jokowi Datang

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Banjir yang menerjang 10 dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan mencuri perhatian Presiden RI Joko Widodo. Senin (18/1/2021) Jokowi, sapaan akrab orang nomor satu di negeri ini datang untuk melihat langsung kondisi Banua dalam kepungan air bah.

Tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru menggunakan pesawat kepresidenan sekitar pukul satu siang, Jokowi langsung meluncur ke Martapura, Kabupaten Banjar. Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat, Basuki Hadi dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo, Jokowi mematau banjir di Desa Mekar, Martapura Timur.

Sembari memantau banjir, Jokowi menyapa warga desa dan membagikan masker bantuan bahan pangan untuk warga korban banjir. Dia juga memantau deras arus Sungai Martapura dengan airnya yang berwarna coklat dari atas Jembatan Desa Pekauman, beberapa meter dari Desa Mekar.

Dari Desa Mekar, Jokowi yang juga didampingi Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dan Bupati Banjar H Khalilurrahman menuju perbatasan Kecamatan Astambul – Mataraman. Tujuannya untuk melihat jembatan di atas badan jalan nasional, A Yani yang ambrol saat di hari pertama banjir besar terjadi, Kamis (14/1/2021).

Sebentar di sana, rombongan menuju Stadion Demang Lehman Martapura untuk melihat langsung kondisi pengungsi. Sejak banjir melanda, stadion megah ini difungsikan sebagai wadah pengungsian korban banjir. Saatbini tak kurang dari 770 jiwa dari 15 desa mengungsi di sana. (to/klik)

 

BACA JUGA :
Luput dari Perhatian, Sopir Angkutan Umum di Kabupaten Banjar Pertanyakan Penyaluran Bansos PSBB

Berita Terbaru

Scroll to Top