Tinjau Posko Induk, Pj Sekda Pastikan Distribusi Bantuan Secepatnya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Untuk memastikan Posko Induk penangan banjir berjalan baik, Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Balangan, Akhriani, meninjau langsung ke posko tersebut, Sabtu (23/1/2021).

Menurut Akhriani, melihat langsung posko utama yang berada di Komplek Perkantoran Pemkab Balangan di kawasan Tugu Maritam, ini guna memastikan agar posko induk berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

“Posko induk ini kan kita jadikan pusat informasi bencana banjir, sekaligus pusat koordinasi semua bantuan, sebelum disalurkan kepada masyarakat korban banjir,” ujarnya, di sela kunjungan tersebut.

Fungsi posko induk ini, menurut Akhriani, sesuai dengan harapan yang disampaikan oleh BNPB Pusat pada rapat terbatas beberapa hari lalu, dimana diminta adanya Posko utama atau terpadu yang juga berfungsi sebagai pusat informasi data bencana dan pusat pengumpulan bantuan dari berbagai pihak.

“Penyediaan pusat pengumuman bantuan ini untuk transparansi, untuk keterbukaan, agar publik bisa tahu bantuan apa aja yang diterima dan disalurkan ke mana saja,” ucapnya.

Saat ini, lanjutnya, di posko utama ini baru datang kiriman bantuan berupa pakaian bekas dari Kaltim serta adanya stok barang bantuan yang siap disalurkan seperti air mineral, beras, dan bahan sembako lainnya.

Selain itu, Akhriani dalam kesempatan itu mengecek kesiapan personel Posko dan menyarankan kepada personel Posko untuk terus memantau perkembangan di lapangan korban terdampak banjir.

“Kita sudah mengirimkan bantuan untuk para korban banjir di sejumlah wilayah di Balangan. Bahkan personel TRC Balangan juga mengirimkan personel sampai ke daerah terpencil, menggunakan sepeda motor, guna menyalurkan bantuan,” ujarnya.

Sementara, data korban banjir dari BPBD Balangan, di kecamatan Halong ada 933 KK dan 3.158 jiwa yang tersebar di 7 desa, Kecamatan Juai ada 1.414 KK dan 4.613 jiwa tersebar di 10 desa, Tebing Tinggi ada 836 KK dan 2.828 jiwa tersebar di 7 desa, Awayan ada 872 KK dan 3.091 jiwa tersebar di 6 desa, Paringin Selatan 650 KK dan 1.708 jiwa tersebar di 11 desa, Paringin ada 606 KK dan 1.545 jiwa tersebar di 9 desa, dan Kecamatan Lampihong ada 328 KK dan 1.058 jiwa tersebar di 11 desa.(rdh/klik)

BACA JUGA :
DPD Partai Golkar Kalsel Sebut Tak Ada Pemecatan dan PAW Kader Golkar

Berita Terbaru

Scroll to Top