Kemenkumham Kalsel Razia Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel), menggeledah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Martapura, Selasa (16/2/2021) malam kemarin.

Giat razia dalam rangka pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban dari Satops Patnal tersebut, papar Kepala Bidang (Kabid) Keamanan Kesehatan Perawatan Narapidana dan Pengelolaan Basan dan Baran Kanwil Kemenkumham Kalsel, Muhammad Susanni, dilakukan di 5 blok Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura yang dihuni sebanyak 404 warga binaan.

“Kita amankan barang-barang yang berpotensi menimbulkan kerawanan. Ada sendok, silet, sikat gigi, serta barang berbahan kaca. Barang-barang ini berpotensi dijadikan senjata untuk digunakan melukai, makanya disita,” ujarnya, usai menggelar razia di Lapas Perempuan Martapura.

Muhammad Susanni menjelaskan, dari gelaran razia tersebut pihaknya tidak mendapati barang-barang yang menimbulkan kerawanan tinggi, seperti Handphone dan obat-obatan terlarang seperti narkotika.

“Barang-barang yang telah kita sita ini, diduga diselundupkan dari luar melalui titipan barang pihak keluarga atau kerabat penghuni lapas perempuan. Ke depan, akan lebih ditingkatkan lagi pengawasan terhadap barang titipan untuk warga binaan dari keluarga ataupun kerabatnya,” tegasnya.

Muhammad Susanni pun memastikan, situasi Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura cukup baik. Mengingat, tidak ada barang-barang yang berpotensi menimbulkan kerawanan tinggi.

“Situasinya di sini cukup baik, cukup aman, dan tertib,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Salis Farida Fitriani, membeberkan, pihaknya selama ini telah melakukan kegiatan razia internal secara rutin yang dilakukan sepekan sekali, untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban dalam Lapas Perempuan Martapura.

“Kegiatan razia internal tersebut sudah menjadi agenda rutin kita. Tak jarang pula kita menggelar sidak insidental,” katanya.
Pada giat rutin ini, Satops Patnal Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel tersebut juga melibatkan kepala dan sipir tahanan dari Lapas Banjarmasin, Lapas Marabahan, Lapas Pelaihari, dan Lapas Banjarbaru.(Zai/klik)

BACA JUGA :
Kejari Tunda Ekspos Kasus Perjadin DPRD Kabupaten Banjar

Berita Terbaru

Scroll to Top