Asistensi SAKIP 2021, Sekda: Penatapan Program Kegiatan Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SAKIP - Asistensi Satuan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara virtual di Commad Center Barokah Martapura, Rabu (17/2/2021)

klikkalimantan.com, MARTAPURA  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar asistensi Satuan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara virtual di Commad Center Barokah Martapura, Rabu (17/2/2021). Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, H Mokhamad Hilman memimpin asistensi yang diikuti 52 perangkat daerah lingkup Pemkab Banjar ini.

Dikatakan sekda, asistensi bertujuan meningkatkan pemahaman perangkat daerah dalam pengelolaan sistem akuntabilitas pada instansi kerja masing-masing. “Pada saat ini, masyarakat terus menuntut Pemerintah untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik sementara sumber daya anggaran yang dimiliki sangat terbatas sehingga setiap instansi pemerintah melakukan efektivitas dan efisiensi dalam birokrasi,” ungkap Hilman.

Ditambahkan Sekda Banjar, efisiensi seharusnya dimulai dengan memperbaiki pola pemanfaatan anggaran sejak pertama kali birokrasi perencanaan hasil kinerjanya, sesuai prinsip akuntabilitas yang berorientasi hasil yang menjadi amanat undang-undang.

“SAKIP mengarahkan birokrasi kita untuk menetapkan program dan kegiatan berdasarkan pada prioritas dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan sasaran pembangunan nasional dan rancangan pembangunan jangka menengah daerah, sasaran strategis tersebut harus disertai ukuran keberhasilan dan target yang jelas dan terukur,” tambahnya.

Sementara itu, Narasumber dari Kasubag Akuntabilitas Kinerja Biro Organisasi Setdaprov Kalsel Adhya Priyatna dalam paparannya mengatakan pencapaian SAKIP ini harus berdasarkan rencana aksi yang berasal dari hasil evaluasi SAKIP untuk langkah-langkah pencapaian SAKIP selanjutnya.

“Melalui Reformasi Birokrasi ini diharapkan Pemerintah tidak lagi berorientasi pada input-input tapi berorientasi pada hasil seperti pencapaian hasil kinerja pada setiap bagian Instansi Pemerintah,” katanya. (to/klik)

BACA JUGA :
Disperdagin Bersihkan 13 Kontainer Sampah Pasar Kasbah

Berita Terbaru

Scroll to Top