Rakornas Pengendalian Karhutla, Presiden: Langgar Aturan Main, Copot

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Plh Bupati Banjar HM Hilman mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan agenda Pengarahan Presiden RI Joko Widodo tentang Tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ) Tahun 2021. Mendampingi Plh Bupati pada rakornas yang digelar virtual di Command Center Barokah Martapura, Senin (22/2/2021), unsur Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HM Irwan Kumar, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Boyke W Triestiyanto.

Dari Instana Negara, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti seluruh pimpinan daerah, pimpinan TNI/Polri untuk mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah masing-masing. Presiden juga mengingatkan, penanganan karhutla agar mengedepankan pencegahan sebelum titik api muncul.

Presiden mewanti semua pihak tak lupa aturan yang sudah dibuat pada 2016. “Kesepakatannya adalah bagi Pangdam, Kapolda, Kapolres dan Dandim yang baru agar tahu dan aturan mainnya masih tetap sama. Kalau di wilayah saudara-saudara ada kebakaran dan membesar dan tidak tertangani dengan baik, aturan mainnya tetap sama belum saya ganti. Pasti semuanya masih ingat, yaitu, dicopot, diganti. Meskipun saya baru perintah ke Panglima dan Kapolri” ujarnya.

Jokowi menambahkan, meski saat ini beberapa daerah tengah menghadapi banjir dan tanah longsor, namun kewaspadaan ancaman bencana karhutla tak boleh lengah.

”Kita harapkan sebuah rencana pencegahan yang matang, sinergi semakin kuat dan eksekusi lapangan yang semakin efektif. Karena berdasarkan laporan BMKG Tahun 2021, Indonesia diperkirakan masih hujan tinggi hingga. Bulan Mei diperkirakan akan jadi fase transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Tapi kita harus tetap waspada, jangan lengah,” kata presiden. (to/klik)

BACA JUGA :
Ketua Dekranasda Banjar Ikuti Munas Dekranas Virtual

Berita Terbaru

Scroll to Top