Perlu Rp34 Miliar Normalisasi  Menyeluruh Guntung Alaban

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
GUNTUNG ALABAN - Guntung Alaban di Kelurahan Sungai Paring, Kecamatan Martapura di musim hujan tak bisa menahan debit air dan berdampak banjir di kawasan guntung.

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Saban musim penghujan, kawasan Guntung Alaban di Kelurahan Sungai Paring, Kecamatan Martapura menjadi wilayah langganan banjir. Pendangkalan dan penyempitan guntung –sungai kecil dalam Bahasa Banjar- menjadi salah satu penyebabnya. Terlebih lagi air yang masuk ke Guntung Alaban tak hanya dari kawasan Martapura, tapi juga air limpahan dari wilayah Kota Banjarbaru.

Pengerukan dan pelebaran guntung solusi utama mengatasi itu. Namun untuk diperlukan tak sedikit anggaran. Iwan Malik, Kepala Seksi (kasi) Sungai pada Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang (PUPR) Kabupaten Banjar mengatakan, diperlukan Rp34 Miliar untuk menanganan keseluruhan Guntung Alaban.

Nominal anggaran sebesar itu, kata Iwan ditemui klikkalimantan.com, Senin (22/2/2021), terlampau besar jika hanya mengandalkan APBD Kabupaten Banjar.  “Karena itu, sejak tahun kemarin diajukan usulan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Namun hingga kini belum juga ada tanggapan,” ujarnya.

Namun permasalahan di Guntung Alaban tetap harus ditangani. Karenanya di 2021 ini, normaslisasi Guntung Alaban yang masuk kategori drainase perkotaan tetap akan dilakukan meski tak menyeluruh sepanjang 2 kilometer. Merogoh kantong APBD sebesar Rp320 juta, memperbaiki saluran guntung hanya akan dilakukan sepanjang kurang lebih 300 meter dimulai dari kawasan hulu guntung.

Meski tak menyeluruh, Iwan berharap, pekerjaan pengerukan dan pemasangan bronjong di sejumlah titik sebagai penahan longsor tebing dapat sedikit mengurai permasalahan yang ada di kawasan tersebut.

“Bisa jadi semacam pilot project lah. Dan diharapkan dukungan masyarakat sekitar di kawasan Guntung Alaban agar permasalahan banjir dan genangan yang selama ini terjadi berangsur bisa berkurang,” ujarnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Bupati Hadiri Reuni Akbar Alumni PGAN Amuntai

Berita Terbaru

Scroll to Top