Walikota Banjarbaru Tandatangani Komitmen Bersama Penyelengaraan MPP

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
KOMITMEN - Walikota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin bersama Menpan RB, Tjahjo Kumolo usai penandatangan komitmen bersama penyelenggaraan MPP di Kemenpan RB, Selasa (2/3/2021). (foto: ist/klik)

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Peningkatan kualitas pelayanan publik masuk dalam program kerja utama Walikota/Wakil Walikota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin – Wartono di empat tahun masa jabatan. Untuk lebih memudahkan proses pelayanan, Walikota Aditya bahkan menggadang sistem pelayanan publik berbasis teknologi.

Mengawali itu, Walikota Aditya melakukan penandatangan komitmen dan kesanggupan mewujudkan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Tahun 2021. Penandatangan dilakukan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Jakarta, Selasa (2/3/2021) disaksikan Menteri Tjahjo Kumolo.

Mendampingi walikota saat penandatanganan, Hj Rahmah Khairita, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarbaru. Dikonfirmasi klikkalimantan.com via WhatAps, Ibu Rita, sapaan akrab Hj Rahmah Khairita mengatakan, penandatangan yang dilakukan hari ini wujud keseriusan Pemerintah Kota Banjarbaru mewujudkan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin bersama Kepala DPMPTSP Kota Banjarbaru

Dikatakan Ibu Rita, ada 38 kabupaten/kota se-Indonesia yang telah memiliki gedung MPP melakukan penandatangan komitmen bersama, termasuk Kota Banjarbarbaru. “Dari sekitar 500 kabupaten/kota se-Indonesia, 35 daerah sudah lebih dulu menyelenggarakan pelayanan di MPP. Dan tahun ini ada 38 daerah menyusul. Termasuk Kota Banjarbaru,” kata Ibu Rita.

Lebih lanjut menurutnya, pasca penandatangan, akan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi oleh kementerian sebelum akhirnya dilakukan peresmian. Direncanakan, peresmian MPP akan dilakukan pada April 2021 mendatang bertepatan momen peringatan Hari Jadi Kota Banjarbaru.

Meski belum diresmikan, namun menurut Ibu Rita saat ini sudah ada delapan gerai pelayanan di MPP Banjarbaru, diantaranya DPMPTSP, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD), Samsat, Polres Banjarbaru, Badan Narkotika Nasional (BNN), Bank Kalsel, dan Bank BRI.

“Dalam waktu dekat, beberapa intitusi vertikal juga akan bergabung di MPP. Di antaranya Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, dan PT Taspen, BPJS, dan Kantor Pelayanan Pajak,” kata Ibu Rita.

BACA JUGA :
Jadi Ibukota Provinsi, Kementerian PUPR Mulai Penataan Sanitasi di Kota Banjarbaru

Tentang keberadaan MPP di Kota Banjarbaru, Rita mengaku sangat senang karena Walikota Banjarbaru merepospon baik dan mendukung demi terselenggaranya pelayanan publik yang lebih baik. “Alhamdulillah Bapak Walikota Banjarbaru yang baru sangat bersemangat dan mendukungnya,” pungkasnya. (to/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top