SMPN 3 Kusan Hilir Kompak Persiapkan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BATULICIN – Terciptanya sekolah yang bersih, sehat, nyaman, dan ramah lingkungan, merupakan cita-cita dari seluruh komponen warga sekolah.

Tentunya guna menciptakan kondisi sekolah yang seperti itu, bukanlah suatu hal yang mudah. Dibutuhkan kerja keras, semangat, dan kekompakan dari seluruh warga sekolah.

Seperti yang tengah dilakukan oleh SMP Negeri 3 Kusan Hilir, Kecamatan Kusan Hlir, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dengan semangat yang tinggi, SMP Negeri 3 Kusan Hilir berjuang bersama, dengan dibantu oleh berbagai instansi-instansi terkait, terutama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanbu.

Pada tahun 2018 lalu, di bawah kepemimpinan Dini Pusparini, sekolah ini lolos dalam penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Kalsel.Tak puas sampai di situ, SMP Negeri 3 Kusan Hilir dipersiapkan untuk menjadi sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

Menurut Dini Pusparini, perjuangan untuk menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan. Namun, melihat di lapangan, terutama kerjasama, semangat dan tanggung jawab dari semua pihak, baik guru, staf Tata Usaha, Komite Sekolah, warga sekitar sekolah dan siswa-siswi yang ada di sekolah ini, ia mengaku optimistis.

“Saya menjadi antusias untuk berjuang dalam penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional ini. Meskipun pembelajaran dilaksanakan dengan daring karena pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat kami dalam mengikuti penilaian ini,” terang Dini Pusparini.

Program Sekolah Adiwiyata, papar Dini, merupakan Program dari Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Dimana semua pihak, termasuk warga sekolah, diharapkan bisa menjaga kelestarian alam dan lingkungan dengan melaksanakan Program PBLHS (Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di sekolah). Untuk itu pihak sekolah terus mengedukasi warga sekolah agar termotivasi untuk berpartisipasi dalam menjalankan program ini.

BACA JUGA :
Menuju Kabupaten Banjar Satu Data, DKISP Sosialisasi E-Wali Data SIPD

“Sekolah Adiwiyata pada prinsipnya menjadikan sekolah kita ramah lingkungan, sehingga seluruh warga sekolah dapat merasakan suasana sekolah yang aman, nyaman, dan kondusif, serta layak sebagai wadah anak didik kita untuk mendapatkan pendidikan,” imbuhnya. (mud/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top