Pengurus DPD KNPI Kabupaten Banjar Dilantik

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banjar masa bakti 2021-2024, secara resmi dilantik, di lantai II Gedung Mahligai Sultan Adam, Martapura, Sabtu (6/3/2021).

Prosesi pengambilan sumpah 163 orang Pengurus KNPI Kabupaten Banjar ini dilakukan di dua tempat terpisah. Yakni di lantai II Aula Barakat Martapura, dan di lantai II Gedung Mahligai Sultan Adam Martapura.

Pelantikan langsung dilakukan oleh Ketua DPD KNPI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Fazrul Rahman, secara langsung di Mahligai Sultan Adam, dan diikuti secara virtual dari Aula Barakat.

Usai dilantik sebagai Ketua DPD KNPI Kabupaten Banjar, Rahmat Saleh mengatakan, di usia ke-48 tahun KNPI sejak didirikan pada 23 Juli 1973 silam, kini DPD KNPI Kabupaten Banjar telah memiliki fasilitas yang layak untuk mewadahi organisasi kepemudaan ini.

“Kalau bicara sejarah, Balai Pemuda atau Gedung Pemuda di Kabupaten Banjar memang difungsikan sebagai tempat DPD KNPI Kabupaten Banjar berkegiatan, dan tempat berhimpun sejumlah Organisasi Kempudaan (OKP) di Kabupaten Banjar,” ujarnya kepada sejumlah awak media.

Untuk itu, Rahmat Selah yang juga menjabat sebagai anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bajar berharap, Gedung Kepemudaan yang kini telah difungsikan sebagai Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar, dapat kembali difungsikan untuk OKP di Kabupaten Banjar.

“Sebelumnya, OKP-OKP di Kabupaten Banjar berhimpun di sana. Jadi, perlu tempat yang layak untuk dapat mewadahi dan merangkul semua elemen kepemudaan di Kabupaten Banjar,” tegasnya.

Ditempat yang sama, usai menyampaikan sambutannya, Bupati Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur, memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap OKP di Kabupaten Banjar, khususnya DPD KNPI Kabupaten Banjar.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah menyaksikan secara langsung proses pelantikan pengurus dan Ketua DPD KNPI Kabupaten Banjar yang baru. Mudah-mudahan, sesuai tagline yang mereka usung kali ini ‘Pemuda Rakat, Mufakat, dan Bermartabat’, program-program yang dijalankan KNPI dapat selaras dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Banjar yang maju, mandiri agamis (Manis), serta sejahtera,” harapnya.

BACA JUGA :
Tiga Kursi Jabatan di Kecamatan Karang Intan Kosong, Pemkab Banjar Segera Gelar Pelantikan

Pada kesempatan tersebut, Saidi menyampaikan komitmennya bersama Habib Idrus Al Habsyi sebagai Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Banjar periode 2021 – 2024 yang berjanji akan mengembalikan gedung kepemudaan, agar dapat digunakan KNPI Kabupaten Banjar kembali.

“Kami akan perjuangkan terkait kepemilikan gedung kepemudaan yang dikeluhkan DPD KNPI Kabupaten Banjar selama ini. Namun, sebelumnya kita terlebih dulu akan merampingkan Struktural Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Banjar. Selanjutnya akan kita Musyawarahkan terkait keberadaan gedung pemuda tersebut,” ucapnya.

Tak hanya itu, Saidi membeberkan, untuk menjawab harapan OKP tersebut, kini Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Banjar yang mengatur tentang regulasi kepemudaan di 2021 ini menuju pungkas.

“Mudah-mudahan di 2021 ini Perda tentang Kepemudaan dapat disahkan. Dengan begitu, indeks pembangunan pemuda di Kabupaten Banjar dapat naik peringkat. Karena dalam perda tersebut, banyak aturan-aturan yang dapat menunjang kegiatan kepemudaan, khusus KNPI yang menjadi pintu masuk para pemuda untuk meraih kesuksesan,” imbuhnya.

Saidi menyebutkan, berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, sebanyak 120.000 masyarakat di Kabupaten Banjar adalah pemuda.

“Ini akan menjadi tantangan bagi KNPI untuk membawa perubahan terhadap pemuda di Kabupaten Banjar. Untuk itu, saya berharap peran aktif KNPI agar produktif dan mampu mendukung program pemerintah dalam menanggulangi permasalahan yang ada, seperti mendukung program kebiasaan baru (new normal) di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan penanggulangan pasca bencana banjir,” tuturnya.

Mewakili Pemkab Kabupaten Banjar, Saidi mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya 163 Pengurus dan Ketua KNPI Kabupaten Banjar periode 2021-2024.

“Mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan. Semoga di bawah kepengurusan dan Ketua KNPI yang baru dilantik, OKP di Kabupaten Banjar dapat terus berkiprah guna memajukan pembangunan di Kabupaten Banjar dengan Rakat, Mufakat, dan Bermartabat,” pungkasnya.(Zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top