KNPI Banjar Diharapkan Bersinergi dengan Pemkab

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Ketua DPD KNPI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Fazrul Rahman, mengharapkan agar seluruh kader DPD KNPI Kabupaten Banjar dapat bersinergi dengan Pemkab Banjar dalam mendukung pembangunan di kabupaten tersebut.

Harapan tersebut dilontarkan Fazrul Rahman usai melantik 163 orang pengurus dan Ketua DPD Komite Nasional Pemuda (KNPI) Kabupaten Banjar di dua tempat berbeda. Yakni secara langsung dan virtual di lantai II Gedung Aula Barakat dan Gedung Mahligai Sultan Adam Martapura, Sabtu (6/3/2021).

“KNPI sangat berperan penting untuk membantu Pemkab Banjar dalam meningkatkan indek pembangunan kepemudaan, khususnya di Kabupaten Banjar. Jadi, saya sarankan mereka untuk saling sinergi denga Pemkab Banjar untuk meningkatkan indek di berbagai sektor pembangunan di Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Usai pelantikan yang disaksikan Bupati Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur, bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, serta instansi terkait lainnya, Fazrul menjelaskan, banyak indikator-indikator pembangunan di Kabupaten Banjar yang harus didukung penuh KNPI, guna memajukan pembangunan di Kabupaten Banjar.

“Dari sisi keorganisasian, perbanyak pemuda kita untuk masuk ke dalam mobilisasi, seperti memberikan pembinaan, pelatihan, dan lain sebagainya, kepada pemuda kita. Serta, dari sisi pendidikan pun harus disupport. Begitupun dari segi kewirausahaan, harus dibantu,” ujarnya.

Berbagai upaya tersebulah, papar Fazrul, yang merupakan peran vital KNPI dalam menjembatani komunikasi antar pemuda dan pemerintah.

“Jadi, peran penting KNPI sebagai jembatan penghubung antar pemuda dan Pemkab Banjar. Dengan berbagai upaya tersebut, KNPI dapat membantu Pemkab Banjar untuk mewujudkan peningkatan indeks pembangunan pemuda di Kabupaten Banjar, khususnya pembangunan kemanusiaan pada umumnya,” tuturnya.

Usai didera bencana banjir yang melanda 19 kecamatan di Kabupaten Banjar pada Desember 2020 – Februari 2021 lalu, Fazrul berharap pengurus DPD KNPI Kabupaten Banjar turut serta meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

BACA JUGA :
Sari Kaget Didatangi Cawali Banjarmasin Hj Ananda

“Jumlah pengurus KNPI ini kan cukup banyak dan tersebar di setiap kecamatan. Jadi, diharapkan agar mereka dapat mempelopori kegiatan pecinta lingkungan. Misal, dengan melakukan kegiatan penanaman pohon, menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, mengajak masyarakat, khususnya pemuda agar menjaga kebersihan air sungai dan lain sebagainya. Intinya, perbanyak kegiatan di lapangan untuk menumbuhkan kesadaran pemuda, khusunya masyarakat, agar mencintai dan menjaga lingkungannya. Dengan begitu, bencana banjir yang saban tahun melanda dapat teratasi,” pungkasnya.(Zai/klik)