Pengendalian Covid-19 Terus Digalakkan, Vaksinasi Tahap II Dicanangkan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin terus menggalakkan pengendalian penyebaran Covid-19, salah satunya dengan menggelar pencanangan vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi lanjut usia (Lansia) dan petugas pelayanan publik, di Lobby Balaikota Banjamasin, Selasa, (9/3/2021)

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Walikota Banjarmasin, Drs Mukhyar Map, dan sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin, serta para Camat se-Kota Banjarmasin.

Mukhyar dalam sambutannya menyatakan mengapresiasi penyelanggaran vaksinasi tahap kedua tersebut, dengan sasaran para Lansia dan Aparatur Sipil Negara (ASN).
“Semoga dengan kegiatan ini dapat mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Mukhyar menegaskan, tujuan vaksinasi adalah menurunkan angka kematian akibat virus Covid-19, melindungi diri, dan membuat sistem kesehatan secara menyeluruh, serta membentuk kekebelan kelompok bagi warga Kota Banjarmasin.

“Sekali lagi, kami apresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan ini bisa berjalan lancer, dan selanjutnya bisa diikuti oleh masyarakat luas lainnya,” pungkasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Dr Machli Riyadi SH MH, menyampaikan, pelaksanaan pencanangan vaksinasi bagi ASN dan Lansia tersebut didasarkan pada UU No.6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

“Dimana salah satu upaya Pemerintah dalam mengendalikan Covid-19 melalui vaksinasi sebagai penyempurnaan dari pelaksanaan 3T dan 3M menjadi strategi Pemerintah Indonesia dalam upaya penanganan dan pengendalian Covid-19 di Kota Banjarmasin,” bebernya.

Machli melaporkan, pencapaian vaksinasi dari tahap pertama sampai 8 Maret 2019, tahap kedua untuk tenaga Kesehatan mencapai 10.238 orang, kemudian untuk Lansia dalam satu minggu pelaksanaan mencapai 1.592 orang, dan bagi pelayanan publik yang sudah divaksinasi mencapai 2.219 orang.

“Pemerintah Indonesia berharap, pada April 2022 Indonesia bisa mengendalikan Covid-19,” katanya.

BACA JUGA :
Fraksi Gerindra DPRD Banjarmasin Usulkan Pembentukan Pansus Banjir

Machli berharap, target vaksinasi tahap kedua ini dapat mencapai 1.000 orang pada 26 Puskesmas di Kota Banjarmasin, seiring dengan dilaksanakannya pencanangan di Balaikota Banjarmasin pada hari ini.

“Kunci untuk solusi Covid-19 ini adalah kedisiplinan kita terhadap protokol kesehetan, serta kesadaran individu,” tegasnya. (sin/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top