BPD Teluk Selong Ulu Yakin Dapat Bersinergi dengan Kepala Desa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sebanyak 75 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Pengaron dan Kecamatan Martapura Barat, antusias ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, melalui Dinas Permasyarakatan dan Desa (PMD).

Antusias peserta yang mengikuti gelaran pelatihan peningkatan kapasitas BPD 2021 dengan tema ‘Gerakan Bina Masyarakat Desa yang Berkualitas dan Unggul’ (Gitaku) untuk Mewujudkan Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri, Agamis (Manis) tersebut diungkapkan salah satu anggota BPD dari Desa Teluk Selong Ulu, Kecamatan Martapura Barat, yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut, yakni Mutia.

“Sebagai anggota BPD, tentunya banyak hal yang ingin kami ketahui. Misalnya, sampai mana pengetahuan kami dan sampai mana batasan kami selaku BPD? Sehingga, sangat penting untuk mengikuti pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas kami selaku BPD,” kata Mutia, di sela kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Aula KH Kasyful Anwar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar, Jalan Sekumpul Ujung, Selasa (23/3/2021).

Selain mengikuti kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai anggota BPD, Mutia mengaku telah memiliki file yang menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai BPD dari instansi terkait melalui aplikasi Android.

“Tapi, dari hasil pelatihan hari ini, membuat kami lebih jelas lagi dalam mengetahui tugas dan fungsi kami selaku BPD. Seperti dari segi pembangunan di tingkat desa, keuangan, dan lain sebagainya. Kami juga sudah mengetahui mana-mana batasan kami,” ujarnya.

Dengan telah mengetahui tugas dan fungsinya, serta mengenal batasan-batasan BPD, Mutia memastikan BPD bersama pemerintahan desa, serta Kepala Desa, akan dapat saling bersinergi dan sejalan dalam mewujudkan pembangunan di desanya, agar lebih maju dan lebih baik lagi.

BACA JUGA :
Banjarbaru PPKM Level 3 Lagi

“Karena BPD dan Kepala Desa sebenarnya memiliki tujuan yang sama dalam membangun desanya. Mungkin hanya jalannya saja yang berbeda, sehingga bisa terjadi miskomunikasi dan perselisihan. Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan pelatihan hari ini, kami BPD dapat saling sinergi bersama Pemerintah Desa, serta Kepala Desa dalam mewujudkan pembangunan desa yang lebih baik lagi,” pungkasnya.(zai/klik).