Perbaikan JUT Baruh Ulin Diprioritaskan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Dinas Pertanian Kabupaten Balangan berjanji, perbaikan jalan akses kawasan pertanian di Baruh Ulin yang berada di Haur Batu RT 12, Kelurahan Paringin Kota, menjadi prioritas.

Janji perbaikan yang akan menjadi prioritas ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Rahmadi, saat meninjau kondisi jalan tani yang dalam kondisi rusak tersebut, Senin (29/3/2021).

Jalan yang menjadi akses utama masyarakat ke lahan pertanian dan perkebunan ini sudah sejak beberapa waktu mengalami kerusakan cukup parah. Banyak lubang, dan menjadi genangan air selepas hujan.

“Kita mengakui memang kerusakan jalan cukup parah. Walau sudah dibangun pada beberapa tahun sebelumnya, namun tidak ada pemeliharaan, sehingga rusak kembali,” ujar Rahmadi.

Pihaknya, papar Rahmadi, akan membawa hasil pantauan lapangan ini ke Bappeda dan Bupati Balangan, untuk nantinya bisa ditindaklanjuti.

 

“Tentu, perbaikan akses utama kawasan pertanian ini akan menjadi prioritas. Kami akan berusaha melakukan perbaikan secepatnya. Salah satu upaya untuk itu, kami akan mengusulkan perbaikan jalan ke pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” ucapnya.

 

Apalagi, lanjut dia, Dinas Pertanian Kabupaten Balangan tahun 2021 ini direncanakan akan mendapatkan jatah perbaikan JUT dari pemerintah pusat, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sepanjang lima kilometer. Sehingga JUT Haur Batu bisa diutamakan.

 

“Melalui dana DAK sepanjang dua kilometer akan bisa dilakukan perbaikan secara keseluruhan,” ucap Rahmadi.

 

Dalam waktu dekat ini pula, pihaknya bersama Bupati Balangan, Abdul Hadi, berencana mendatangi Kementrian Pertanian. Lantas, kondisi jalan Baruh Ulin di Haur Batu, Kelurahan Paringin ini pun ucapnya akan diusulkan.

“Tentu perbaikan jalan ini menjadi prioritas, terlebih kawasan Baruh Ulin ini menyimpan potensi pertanian yang cukup besar, dimana ada sekitar 15.000 hektare sawah baru bisa dicetak, dan 100 hektare kebun karet ada di kawasan ini,” pungkasnya.(rdh/klik)

BACA JUGA :
Banjarbaru Raih WTP, Walikota: Motivasi dan Kebanggan

 

Berita Terbaru

Scroll to Top