Tingkatkan Ekonomi Pasar, Komisi II DPRD Kabupaten Banjar Harap PD Pasar Punya Konsep

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Rangsang peningkatan layanan publik dan profit perusahaan milik daerah, Komisi II DPRD Kabupaten Banjar gelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama PD Pasar Bauntung Batuah (PBB) Kabupaten Banjar.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Banjar, Pribadi Heru Jaya mengatakan, pada kesempatan tersebut pihaknya lebih memfokuskan pembahasan mengenai cara pengelolaan dan manajerial yang ada pada PD Pasar.

“Karena pasar ini kan sebagai profil daerah atau cerminnya kota. Terlebih, hingga saat ini belum ada perubahan-perubahan signifikan yang dikelola PD Pasar, seperti di Pasar Batuah, komoditi pedagang campur aduk, atau tidak tematik,” ujarnya kepada klikkalimantan.com pada, Rabu (31/3/2021).

Atas dasar tersebut, papar politisi PKB yang akrab disapa Heru ini menambahkan, Komisi II menargetkan bulan mendatang PD Pasar harus mempunyai konsep terkait bagiamana cara menata kelola pasar dengan baik, tak terkecuali mengenai manajemen yang ada di PD Pasar.

“Kalau tidak dilakukan penata kelolaan pasar, bagaimana pasar ini dapat meningkatkan perekonomian pedagang. Kalau kondisinya hanya seperti ini saja, tidak menutup kemungkinan Pasar Tradisional kita akan digilas pasar online di era digital ini,” ucapnya.

Heru menjelaskan, kondisi pasar yang tidak tertata kelola dengan baik dan nampak kumuh, membuat pembeli malas datang, dan lebih memilih berbelanja online. Maka, sehingga pihaknya berharap PD Pasar harus memiliki konsep untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

“Dengan begitu pedagang dapat diuntungkan dan pengunjung yang berbelanja di pasar merasa nyaman. Dampaknya, perputaran ekonomi di pasar akan dapat berjalan cepat. Tentunya, hal ini dapat terwujud, jika sistem manajerialnya terkelola dengan baik,” ujarnya.

Seperti pihak ketiga di lingkungan pasar, lanjut Heru, mestinya diajak untuk bekerja secara profesional dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan pasar. Sehingga dapat menciptakan kondisi pasar yang sehat dan nyaman. Bukannya malah menimbulkan kekumuhan.

BACA JUGA :
DPC Gerindra Deklarasikan Prabowo - Gibran Sebagai Capres dan Cawapres

“Kita tidak ingin memutus rejeki orang. Namun, jangan sampai mereka dibiarkan hanya duduk manis dan mendapat keuntungan. Jadi, kita menargetkan secara fisik terkait bagaimana mengelola manajemen dan pengelolaan pasar yang baik. Sehingga pedagang-pedagang kaki lima (PKL) yang menggelar lapaknya dan menutupi profil pertokoan kedepannya dapat diatur dan dihilangkan,” tuturnya.

Dengan terkelolanya pasar tersebut, papar Heru lebih jauh, perekonomian pasar yang saat ini tengah lesu dapat kembali bangkit, dan pengunjung pun merasa aman dan nyaman. Sehingga, pedagang mempunyai profit yang memadai secara tarap hidup yang layak dan minimal standar.

“Dengan konsep pengelolaan pasar dan instruktur manajemen yang baik, kalau nanti ada kendala yang dihadapi PD Pasar untuk mewujudkan hal tersebut, Komisi II siap duduk bersama untuk memecahkan permasalahannya. Kalau perlu bersama Bupati Kabupaten Banjar. Karena ujung dari pengelolaan inikan untuk meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Banjar,” katanya.

Di sisi lain, Direktur PD PBB Kabupaten Banjar, Rusdiansyah, mengungkapkan, terkait penata kelolaan pasar tersebut tentunya harus mendapat dukungan semua pihak. Baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab), DPRD, partisipasi pedagang, pihak ketiga, pedagang, atau pun pihak swasta yang ingin berinvestasi.

“Perubahan sarana dan prasarana tempat berjualan ini tentunya akan dilakukan secara bertahap, dan harus menyelaraskan dengan arahan Bupati Kabupaten Banjar serta pihak terkait lainnya, khususnya pihak-pihak yang berada di lingkungan pasar,” bebernya.

Terlebih, tambah Rusdi, infrastruktur di lingkungan pasar yang akan dilakukan perubahan penataan sudah berumur. Sehingga, dalam penata kelolaannya agar terpelihara dengan baik dan dapat memunculkan daya tarik bagi pengunjung, tentunya ada langkah-langkah yang harus dilakukan dan mendapat dukungan semua pihak.

“Jadi, bukan hanya dari sisi penataan tempat berjualan saja untuk memunculkan daya tarik. Artinya, pasar yang semula hanya menjadi aktivitas jual beli, kedepannya harus punya konsep kawasan yang menjadi daya tarik pengunjung, serta membuat kawasan berjualan pedagang lebih representatif dan lain sebagainya,” ungkapnya.

BACA JUGA :
Ratusan Pedagang Hadiri Peringatan Isra Mi'raj dan Haul Guru Sekumpul

Agar Pasar Tradisional tak kalah bersaing di tengah pertumbuhan pasar digital saat ini, Rusli sudah mengajak pedagang agar melek teknologi.

“Jadi, kita meminta kepada sejumlah pedagang untuk menginformasikan data mereka, agar PD Pasar dapat membantu memasarkan dagangan mereka melalui pihak ketiga yang telah bekerjasama dengan PD Pasar, seperti BRI Online, Mamaline.id, Gojek, dan lainnya, dan ini sudah kami lakukan namun belum secara keseluruhan. Kami juga berencana menyediakan aplikasi untuk pedagang kedepannya, sehingga ketersediaan pasar Online yang ada di PD Pasar dapat mereka manfaatkan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Terkait konsep penata kelolaan pasar guna menambah daya tarik pengunjung, Rusdi mengaku akan siap mempresentasikannya kepada anggota dewan serta pihak terkait lainnya.(Zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top