Ciptakan Suasana Tetap Kondusif, Tim Gabungan Sisir Desa di Kecamatan Martapura Timur

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Ciptakan suasana aman, nyaman dan kondusif pada malam lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Tim gabungan yang terdiri dari personel Polres Banjar, Polsek Martapura Timur, dan Danramil Martapura menggelar patroli keliling ke desa-desa yang dianggap rawan terjadi perang petasan mercun dan meriam karbit.

Kapolsek Martapura Timur, IPDA Samsul Bahri usai memimpin Apel Gelar Pasukan dan Evaluasi mengatakan, tim gabungan langsung menyusuri desa di Kecamatan Martapura Timur yang dianggap rawan terjadi perang petasan Mercun dan meriam karbit yang dimulai pukul 22.00 Wita.

“Jadi, kami berharap pada malam leberan ini, tidak ada lagi warga yang melakukan aktivitas perang Mercun atau pun perang meriam karbit, karena berpotensi menyebabkan bencana kebakaran dan lain sebagainya. Terlebih, di setiap desa tersebut juga banyak didapati warga yang sudah lanjut usia (lansia) dan anak balita yang tentunya membuat resah warga sekitar dengan adanya aktivitas tersebut,” sebutnya.

Bahkan, papar IPDA Samsul Bahri, tim berhasil mengamankan sejumlah pemuda yang melakukan aktivitas perang petasan mercun dan meriam karbit. Tak hanya itu, tim juga berhasil mengamankan sejumlah pemuda yang menenggak minuman beralkohol.

“Dengan adanya kegiatan patroli gabungan malam lebaran ini, mudah-mudahan tidak ada lagi didapati sejumlah pemuda yang menenggak minuman beralkohol,” harapnya.

Untuk tetap memastikan kondisi tersebut, lanjut IPDA Samsul Bahri, pihaknya pada pukul 00.00 Wita akan kembali menggelar patroli gabungan kebebrapa desa di Kecamatan Martapura Timur, yakni Desa Pekauman, Pekauman Ulu, Mekar, Melayu Tengah, Melayu Ilir, Keramat, dan Desa Dalam Pagar.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Martapura Timur, Guslan menyebut, sebelumnya pihak kecamatan pun sudah melakukan berbagai upaya, baik memasang spanduk imbauan hingga sosialisasi guna mengajak masyarakat agar tidak lagi melakukan aktivitas perang Mercun dan meriam karbit yang dapat menimbulkan berbagai kerugian.

BACA JUGA :
Tak Ada Kesepakatan Baru

“Kami pun mengajak masyarakat agar pada malam lebaran ini lebih memperbanyak membaca dzikir, tahmid, tasbih, takbir. Alhamdulillah, hasil pantauan tim malam ini, banyak mushalla yang menggelar kegiatan tersebut,” pungkasnya.(Zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top