Komisi I Cari Tahu Penyebab Target PAD Kecamatan Tak Tercapai

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Anggota Komisi I DPRD Kota Banjarbaru saat mengunjungi Kecamatan Liang Anggang untuk menanyakan terkait permasalahan capaian PAD yang memenuhi target, Rabu (2/6/2021).

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Anggota DPRD Kota Banjarbaru tergabung dalam Komisi I menyambangi Kantor Kecamatan Liang Anggang, Rabu (2/6/2021). Dipimpin Ketua Komisi, Ahmad Nur Ihsan, kedatangan para waki rakyat untuk tindaklanjut ihwal retribusi dari kecamatan.

Pasalnya pada Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Walikota Banjarbaru 2020, retribusi dari kecamatan tak mencapai target. “Perlu kami tanyakan tentang retribusi yang tak mencapai minimal target PAD,” kata Nur Ihsan.

Dipapar dia, dari hasil komunikasi yang dilakukan, terkuak penyebabnya. Pihak kecamatan ternyata terbebani dengan target PAD dari retribusi. Faktanya, dari yang ditargetkan, baru tercapai 7 persen pada Mei lalu.

Diakuinya, banyak faktor menjadi penyebabnya. Termasuk imbas masa pandemic covid-19. Dalam kondisi ini, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru , dalam hal ini Badan Penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) mesti melihat ulang data yang digunakan sebagai acuan penarikan retribusi.

“Kalau yang digunakan data publik, kami rasa masih bagus. Tapi jika data yang digunakan masih self assessment, kami kira perlu dicek lagi terkait indicator-indikatornya,” kata Nur Ihasan.

Dikunjungi Komisi I DPRD Kota Banjarbaru, Adriannoor Rifai, Camat Liang Anggang mengaku menyambut baik. Termasuk koordinasi yang dilakukan terkait capaian target PAD kecamatan yang tak mencapai target pada 2020 lalu. “Capaian PAD Kecamatan Liang Anggang pada 2020 lalu sebesar 55,6 persen,” ujarnya.

Pun demikian pada 2021, diakui Adriannor dari target Rp22 juta, baru tercapai 7 persen dari d pada Mei lalu. Melihat itu, dia pesimis target PAD tahun ini tercapai. “Di masa pandemic sekarang ini, tidak banyak orang yang membangun rumah, baik pribadi maupun perumahan,” ujarnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Penyusunan Awal RKPD Kota Banjarbaru 2023, Nafsiani Samandi Sampaikan Pokir Dewan

Berita Terbaru

Scroll to Top