Lagi, Pasar Martapura Terbakar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Jum’at (4/6/2021) malam selepas magrib, sekitar pukul 19.30 Wita, segenap warga  Kota Martapura digemparkan musibah kebakaran yang kembali terjadi di kawasan Pasar Tradisional Martapura.

Kali ini, insiden kebakaran terjadi di kawasan Pasar Thaibah, yang menghanguskan belasan toko pedagang yang rata-rata menjual barang dagangan pecah belah (perabotan dapur), furniture, dan dagangan lainnya.

Beruntung, puluhan petugas Barisan Pemadam Kebakaran (BKP) sigap mendatangi lokasi kejadian, dan langsung melakukan upaya pemadaman agar api tak menjalar ke bangunan pasar lainnya.

“Alhamdulillah, dengan berjibaku bersama puluhan BPK hampir 30 menit, api berhasil dipadamkan,” ujar salah satu anggota BPK, Ahmad Syarif, kepada awak media.

Kendati pemadaman api berhasil dilakukan dengan cepat agar tak menjalar kebangunan lainnya, namun diakui Ahmad Syarif, saat melakukan upaya pemadaman sejumlah petugas BPK sempat terkendala mencari sumber air.

“Kawan-kawan kita yang menggunakan mesin portable, sempat kesulitan mencari sumber air. Kendala serupa ini pun juga terjadi saat peristiwa kebakaran yang menghanguskan beberapa lapak pedagang kaki lima (PKL) Pasar Buah di Jalan Niaga pada 16 Mei 2021 lalu,” tuturnya.

Menanggapi perihal tersebut, Kepala Bagian Humas Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (Kabag PD PBB) Kabupaten Banjar, Gusti Andre, memastikan segera mengkoordinasikannya kepada instansi berwenang terkait masalah sulitnya mencari sumber air saat insiden kebakaran terjadi di lingkungan pasar.

“Nanti kita koordinasikan apa yang menjadi kendala bagi petugas BPK saat melakukan upaya pemadaman kebakaran. Mudah-mudahan upaya untuk menambah titik sumber air di lingkungan Pasar Martapura, seperti sumur gali dapat dilakukan. Tentunya, kita pun berharap dukungan Bupati, DPRD, atau instasi terkait, agar dapat segera merealisasikannya,” ucap Gusti Andre saat meninjau lokasi kejadian.

BACA JUGA :
Bangun Semangat di Masa Pandemi dengan Petujukan Seni

Gusti Andre menyatakan turut berduka atas peristiwa kebakaran yang menimpa pedagang di Pasar Thaibah Martapura ini.

“Sudah dua kali Pasar Martapura dirundung peristiwa kebakaran, dan kali sekitar 12 toko di Pasar Thaibah Martapura hangus terbakar. Atas peristiwa ini, tentunya kita harus meningkatkan kewaspadaan, agar peristiwa kebakaran tidak terulang,” imbaunya.

Untuk mengetahui secara pasti dari mana titik api berasal, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak, Gusti Andre menyatakan pihaknya masih menunggu hasil identifikasi dari pihak kepolisian.

“Sementara terkait kerugian yang disebabkan peristiwa kebakaran kali ini, kita masih belum bisa menaksirnya. Kemungkinan bisa mencapai ratusan juta,” tutupnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top