Banjarbaru Minim RTH Layak Anak

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Tahun 2019 lalu, Kota Banjarbaru berhasil meraih penghargaan tingkat nasional sebagai Kota Layak Anak (KLA). Raihan prestasi luar biasa kala itu. Namun sayangnya, sampai saat ini kota hasil pemekaran wilayah Kabupaten Banjar tahun 2019 ini belum memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang layak sebagai kawasan bermain untuk anak.

“Kalu mau jujur, di mana sih di Kota Banjarbaru ini ada RTH yang layak bermain untuk anak? Tidak ada! Sementara amanat menjadikan Kota Banjarbaru sebagai kota layak anak sudah dituangkan dalamPerda No 16 Tahun 2019 tentang Kota Layak Anak,” ungkap Ketua Fraksi PPP DPRD Kota Banjarbaru, Subakhi, kepada klikkalimantan.com, Sabtu 12-6-2021.

Subakhi pun lantas menunjuk sejumlah RTH yang ada, seperti Taman Van Der Pijl yang sebenarnya secara infrastruktur cukup bagus. Namun luasan dan posisinya belumlah bisa disebut layak sebagai taman bermain anak. Hanya itu saja yang sejauh ini terlihat baik.

“Ini baru bicara keberadaan RTH di wilayah kota secara keseluruhan. Kalau disempitkan lagi di wilayah-wilayah kelurahan, silahkan cek sendiri ada atau tidaknya kawasan yang layak khusus untuk anak,” katanya.

Sementara paparnya lebih jauh, dalam Perda No 16 Tahun 2019, utamanya pada Pasal 8 ayat secara tegas disebutkan, pemerintah daerah menyelenggarakan sistem penyelenggaraan KLA dalam rangka memenuhi Hak Anak.

Aturan tersebut disusul dengan ayat 2 poin d. disebutkan didalamnya mengatur perangkat penyelenggaraan KLA meliputi kelurahan layak anak.

“Nah dengan adanya amanat perda tersebut, saat ini sudah semestinya Pemko Banjarbaru memperbanyak RTH bermain anak yang benar-benar layak,” ungkapnya.

RAMAI-Suasana hari libur di taman van der pijl terlihat ramai.

Sementara itu dari pantauan klikkalimantan.com, di pusat Kota Banjarbaru ada dua RTH yang biasa padat dikunjungi warga. Yakni Taman Van Der Pijl dan Lapangan Murjani. Dihari-hari biasa jumlah kunjungan warga terutama anak-anak tak seramai dihari-hari libur. Utamanya pada malam hari. (kus/klik)

BACA JUGA :
Wujudkan Kabupaten Banjar Lebih Baik, Dua ASN Ajukan Pensiun Dini

Berita Terbaru

Scroll to Top