Rakor Siaga Karhutla, Sekda: Tetap Siaga Meski Musim Kemarau Basah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan apel kesiapsiagaan kebakaran lahan dan hutan (karhutla), Selasa (28/6/2021).

Bertempat di Aula Basamaan Kantor BPBD Kota Banjarbaru, rakor dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) H Said Abdullah, Kepala Pelaksana BPBD, Zaini, dan perwakilan Kodim 1006/Martapura dan Polres Banjarbaru.

Disampaikan Zaini, rakor dilaksanakan langkah awal pra pelaksanaan apel kesiapsiagaan bencana menghadapi karhutla yang akan dilaksanakan bulan depan.

“Karena berdasarkan predeksi BMKG, puncak kemarau akan terjadi pada awal Juli, Agustus dan September. Karena itu kita harus mempersiapkan semuanya sejak dini. Dan kita akan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Sekda H Said Abdullah sependapat. Menurutnya, meski di musim kemarau basah yang kadang hujan kadang panas, harus tetap siaga. Terlabih saat ini sudah ada lahan seluas 27,51 hektare di tiga kecamatan; Cempaka, Landasan Ulin dan Liang Anggang yang harus dijaga lantaran masuk kategori rawan karhutla.

“Saat ini titik-titik rawan kebakaran di Banjarbaru umumnya lahan-lahan yang tidak dirawat dan dijaga oleh pemiliknya,” kata sekda. (to/klik)

BACA JUGA :
Kasus Ispa Dampak Kabut Asap di RSD Idaman Banjarbaru Turun

Berita Terbaru

Scroll to Top