Penerimaan CPNS Balangan, Kuota Dokter Spesialis Terancam Kosong Pelamar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, PARINGIN – Hingga kini, pelamar atau pendaftar CPNS di Kabupaten Balangan telah mencapai 3.065 pendaftar. Selain itu, ada pendaftar untuk PPPK sebanyak 325 orang.

Namun sayang, dari ribuan pendaftar tersebut, tak satu pun yang mendaftar untuk lowongan Dokter Spesialis Kandungan dan Dokter Spesialis Bedah.
Belum adanya pendaftar untuk posisi dokter spesialis tersebut, dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kabupaten Balangan, Sufriannor.

“Sampai saat ini belum ada yang melamar untuk posisi dua dokter spesialis tersebut. Mudah-mudahan dengan adanya perpanjang pendaftaran hingga 26 Juli mendatang, nantinya ada yang mendaftar,” ujarnya saat ditemui, Kamis (22/7/2021) kemarin.

Keberadaan dokter spesialis PNS, menurut Sufriannor, sangat penting, mengingat saat ini keberadaan dokter spesialis di RSUD Balangan masih kurang.

“Kita berharap dengan penerimaan CPNS, khususnya formasi untuk dokter spesialis ini bisa terpenuhi. Sehingga pelayanan kesehatan, khususnya di RSUD Balangan, bisa makin maksimal,” harapnya.

Kuota penerimaan CPNS Balangan sendiri sebanyak 137 formasi, dan untuk PPPK dibuka sebanyak 420 yang akan mengisi jabatan fungsional guru.

Menurut Kepala Bidang Kepegawaian BKPPD Kabupaten Balangan, Sumedi, pihaknya kini tengah melakukan verifikasi berkas para pelamar.

Untuk sementara, papar Sumedi, dari hasil verifikasi yang dilakukan, 500 pendaftar sudah terverifikasi. Hasilnya banyak yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Kebanyakan faktor TMS, karena pendaftar tidak memahami perihal berkas akreditasi.

“Akreditasi yang digunakan seharusnya akreditasi saat tahun pendaftar lulus, bukan akreditasi pada tahun sekarang,” jelasnya.(rdh/klik)