Bahas Teknis Peliputan Haul, Diskominfo Rapat Bersama Relawan dan Wartawan

    KLIKKALIMANTAN.COM – Bersama relawan dan para awak media, Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar melaksanakan rapat koordinasi (rakor) jelang pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini bin Abdul Ghani, Senin (4/3/2019).

    Bertempat di aula kantor dinas setempat, rakor dilaksanakan dalam rangka sinkronisasi, utamanya teknis peliputan prosesi haul ulama yang masyur dengan panggilan Abah Guru Sekumpul pada 9 – 10 Maret mendatang.

    Kepala Diskominfo Kabupaten Banjar, HM Farid Soufian memimpin rakor didampingi Heru Pitaya, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Kabid Penyelenggaraan E-Government Cornelius Kristiyanto, dan Kasi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik, M Hamdani.

    Disampaikan Cornelius Kristiyanto, sejalan dengan pengambangan program Smart City, pada peringatan haul tahun ini, Diskominfo akan memasang empat kamera pengawas (CCTV) di beberapa titik simpul kepadatan arus lalu lintas.

    “Simpang empat lampu merah, simpang empat Jalan Pendidikan, pertigaan Jalan Sekumpul Ujung, dan areal parkir Az Zahra,” kata Kristiyanto.

    Pemasangan empat kamera pengawas, menurutnya diamini HM Farid Soufian dan Heru Pitaya, diharapkan dapat membantu petugas kepolisian dan relawan dalam memantau kepadatan arus lalu lintas.

    Sementara itu disampaikan H Abdel, koordinator relawan haul, selaian empat CCTV yang dipasang Diskominfo Banjar, juga ada Sembilan CCTV lain yang juga dipasang Polda Kalsel dan relawan.

    Dipaparkan H Abdel pula, untuk awak media, telah disiapkan media center di RS Pelita Insani. “Rekan-rekan media nantinya dapat memantau pelaksanaan haul dari layar televise. Karena untuk peliputan langsung ke dalam Mushalla Ar Raudah, tidak diperkenankan,” katanya.

    Menurutnya, untuk peliputan dan pengambilan gambar di dalam mushalla, hanya diperbolehkan satu perwakilan jurnalis yang sebelumnya sudah dipilih berdasarkan kesepakatan.

    Yang juga tidak diperbolehkan untuk pengambilan gambar, tak terkecuali bagi pihak Diskominfo dan pihak lainnya, kata H Abdel, adalah penerbangan drone di sekitar Mushalla Ar Raudah yang menjadi ring satu pelaksaan haul. (to/klik)

    Advnativ