Pemko Banjarmasin Terima Hibah Empat BMN

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Untuk mempermudah pengelolaan dan meningkatkan pemanfaatan Sarana dan Prasarana Umum demi kesejahteraan masyarakat, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menghibahkan empat Barang Milik Negara (BMN) kepada Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Penyerahan BMN tersebut ditandai dengan penandatangnan Naskah Hibah BMN antara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI dengan Pemko Banjarmasin, yang dilakukan Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, dan diparaf oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan, Dardjat Widjunarso, di Ruang Rapat Berintegrasi, Balaikota Banjarmasin, Rabu (01/09/2021).

Dardjat Widjunarso menjelaskan, BMN yang dihibahkan oleh Ditjen Cipta Karya ini terdiri dari empat barang dari dua sector. Yaitu dari Sektor Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) dan Sektor Sanitasi.

“Ini perolehan dari tahun 2016 sampai dengan 2019, dengan total perolehan sekitar 20 miliyar 40 juta rupiah, dan terdiri dari pekerjaan untuk sektor penataan kawasan permukiman dan juga juga sektor sanitasi,” ucapnya.

Dardjat menyebut, jalan, irigasi, dan jaringan yang dihibahkan Kementerian PUPR nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat dengan harapan dapat melaksanakan Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kawasan Kumuh Basirih, dan Neighborhood Upgrading and Shelter Project (NUSP) atau Proyek Peningkatan Lingkungan dan Tempat Tinggal di Kawasan Kelayan Timur.

Selain itu, Pemko Banjarmasin juga menerima Instalasi Pengolahan Sampah, berupa Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pemukiman kumuh berskala kawasan.

Kemudian, dari sektor sanitasi juga diserahkan BMN Instalasi Air Buangan Dosmetik Kapasitas Besar, berupa Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT).
Dengan diterimanya hibah BMN dengan total nilai sebesar Rp20.040.556.429,00 dari Dana APBN tersebut, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, berharap dapat dikelola dan dipelihara dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA :
Pemkab Tanbu Siap Amankan Karhutla

“Kami berharap barang yang sudah diterima ini bisa kita kelola dengan sebaik-baiknya, dan pencatatannya juga segera masuk di Bakeuda bagian asset, supaya ini bisa menjadi perhatian misalnya ada pemeliharaan. Jadi selanjutnya, jangan sampai nanti setelah diserahkan malah tidak terurus,” harapnya.(sin/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top