Sekda: OPD Harus Aktif Isi 71 Indikator Penanggulangan Bencana

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menggelar Forum Group Discussion (FGD), Rabu (15/9/2021) di Command Center Martapura. Dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) HM Hilman, FGD diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) via daring di kantor masing-masing.

Penanggulangan bencana menjadi tema pembahasan FGD yang menghadirkan sejumlah narasumber. Diantaranya, Ketua Panitia FGD Virtual Perhitungan Mandiri Indeks Ketahanan Daerah Kabupaten Banjar, Rudi Ifansyah dan Penyuluh Bencana pada BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Ariansyah

Disebutkan, indikator keberhasilan penanggulangan bencana di suatu daerah adalah dengan berkurangnya Indeks Risiko Bencana (IRB) dan meningkatnya Indeks Kapasitas Daerah (IKD).

“Sebagai upaya untuk melakukan perhitungan IRB adalah dengan cara menghitung IKD yang dapat dihitung dengan melengkapi semua komponen berdasarkan 71 indikator terkait penanggulangan bencana. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh perangkat daerah terkait dapat berpartisipasi aktif dalam pengisian 71 indikator disertai dengan bukti dukung yang diperlukan,” ujar Hilman.

Dengan demikian lanjut dia, dapat mengetahui pada indikator mana yang masih perlu mendapat perhatian dan perlu ditingkatkan.

Selaku jajaran pemerintahan, Hilman berharap kesiapsiagaan menghadapi bencana alam haruslah dengan bersungguh-sungguh dalam menanggulangi jika terjadi bencana di wilayah Kabupaten Banjar.

“Kami juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi seluruh stakeholder terkait yang telah bekerja keras dan bekerjasama sekaligus terlibat dalam penanggulangan penanganan bencana alam di daerah ini,” ujarnya. (to/klik)