Balangan Bentuk Satgas Kesiapsiagaan Antisipasi Peralihan Musim

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Menghadapi perubahan musim dan cuaca ekstrem, Pemerintah Daerah Balangan, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), akan menggelar rapat koordinasi dengan berbagai stakeholders dalam rangka mengantisipasi bencana alam di Bumi Sanggam.

Rapat koordinasi ini direncanakan digelar secepatnya, mengingat peralihan musim yang biasanya disertai dengan cuaca ekstrim akan segera terjadi.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Balangan H Rahmi menyampaikan, rakor tersebut menindaklanjuti surat edaran tentang antisipasi ancaman bencana banjir dan bencana musim penghujan yang dikeluarkan oleh Pemprov Kalsel, yang ditandatangani langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, dan ditujukan kepada bupati/wali kota se-Kalsel.

Isi Surat Edaran tersebut, papar Rahmi, antara lain meminta pemerintah kabupaten/kota mengoptimalkan peran BPBD dengan melibatkan instansi seperti TNI-Polri, penyebaran informasi untuk mitigasi bencana kepada masyarakat, serta pendirian posko bencana di daerah.

Setelah rakor nantinya, lanjut Rahmi, akan digelar apel siaga darurat penanganan bencana, sebagai tanda kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana banjir, tanah longsor, dan angin.

“Sehingga jika terjadi musibah bencana, maka giat penanggulangan dan pencegahan bencana alam pun bisa mulai digencarkan,” katanya.

Rahmi melanjutkan, selain membentuk satgas atau tim siaga bencana, juga akan didirikan posko terpadu kesiapsiagaan bencana.

Bersamaan dengan itu, Rahmi berharap peran serta masyarakat luas dengan cara selalu waspada, sigap, dan kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana alam musiman.

“Kita berharap masyarakat bisa memberikan informasi adanya bencana secara cepat dan akurat, hingga nanti instansi terkait cepat tanggap dalam menyikapi hal tersebut,” ucapnya.

Terakhir, Rahmi mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat musim hujan ini. Selain itu, apabila ada insiden bencana alam, diminta segera memberikan laporan.(rdh/klik)

BACA JUGA :
Tindaklanjuti Aduan Masyarakat, Komisi III Gelar RDP Lintas Komisi

Berita Terbaru

Scroll to Top