Pemko Banjarmasin Gelar Pelatihan WUB Sasirangan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, melalui Dinas Perdaganggan dan Perindustrian (Disperdagin), menggelar pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) membuat kain Sasirangan dengan pewarna tekstil, Senin, (11/10/2021)

Menurut Kepala Disperdaging Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, peserta pelatihan WUB kain Sasirangan dengan pewarna tekstil tersebut berjumlah 30 berasal diambil dari beberapa Kelurahan di Kota Banjarmasin.

Diantaranya adalah Kelurahan Melayu, Kelurahan Banua Anyar, Kelurahan Mantuil, Tanjung Pagar, Belitung Utara, Kuin Utara, dan Kuin Cerucuk.

“Jumlahnya ada 30 peserta dari beberapa kelurahan di Banjarmasin,” katanya.
Ichrom menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 11 sampai 14 Oktober 2021. Hanya saja, pelatihan tidak bisa dilaksanakan di satu tempat, mengingat masih pandemi Covid-19.

“Ada tiga tempat pelatihannya. Pertama di Yaya Sasirangan. Kedua di Adim Sasirangan Eksklusif, dan yang ketiga di Alika Sasirangan. Jadi masing-masing workshop itu ada 10 orang peserta dan 1 orang instruktur,” ujarnya.

Dengan pelatihan ini, Ichrom berharap, para peserta WUB itu memiliki kemampuan dasar untuk pembuatan kain Sasirangan dengan pewarna tekstil.

“Mudah-mudahan mereka bisa menjadi WUB yang mandiri. WUB yang sukses, bisa produktif. Tentunya dengan memperhatikan kualitas dan mengetahui keinginan masyarakat, keinginan pembeli,” pungkasnya. (sin/klik)