Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020 Kementerian, Ini Kriteria Dipenuhi Kabupaten Banjar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. Penyerahan penghargaan dilakukan virtual, Rabu (13/10/2021).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati terlihat hadir bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, RI Muhadjir Effendy.

Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati menjelaskan, pemberian Anugerah Parahita Ekapraya 2020 merupakan rangkaian kegiatan ASEAN Ministerial Meeting on Woman (AMMW) Ke-4 yang tahun ini Indonesia tuan rumahnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan kebijakan perlindungan perempuan di negara-negara ASEAN.

“Terdapat 13 Kementerian/Lembaga, 29 Provinsi, dan 266 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan APE 2020. Tentu harapan kami akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang,” kata Menteri.

Sementara itu, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah yang mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat penyerahan penghargaan secara virtual menjelaskan, Anugerah Parahita Ekapraya merupakan ukuran penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah yang berkomitmen dan mendukung pelaksanaan pengutamaan gender.

Dijelaskan ada 4 kategori Anugerah Parahita Ekapraya ini yaitu pratama, madya, utama dan tingkat mentor. Penilaian dilaksanakan 2 tahun sekali dengan 7 komponen penilaian antara lain komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, alat analisis gender, data gender dan partisipasi masyarakat. (to/klik)