Lanal Banjarmasin Gelar Operasi Serbuan Vaksinasi Maritim di Kabupaten Banjar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sukseskan program vaksinasi, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin bersinergi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Banjar, menggelar ‘Operasi Serbuan Vaksinasi Maritim’ di lantai II Gedung DPRD Kabupaten Banjar, Kamis (14/10/2021).

Operasi Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19 dosis pertama dan kedua untuk masyarakat maritim (pesisir), kota, serta para pelajar, ini menggunakan vaksin Astra Zeneca untuk usia 18 tahun, dan vaksin Sinovac untuk usia 13 tahun.

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M Tr Hanla dalam kegiatan tersebut mengatakan, sebanyak 39 orang tenaga kesehatan gabungan sekaligus sebagai Tim Vaksinator terlibat dalam kegiatan Servak gratis hari ini.

Disebutkan, Tim Vaksinator ini berasal dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, dan Dinkes Kabupaten Banjar.

“Ada sekitar 1.000 dosis vaksin yang disiapkan pada Operasi Servak gratis hari ini, bekerjasama dengan Kadin Kabupaten Banjar, Dinkes Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar,” katanya.

Sebelumnya, papar Danlanal Banjarmasin, pihaknya sudah beberapa kali melaksanakan Operasi Servak dengan menyasar ke instansi pemerintahan.

“Beberapa kegiatan diantaranya kita laksanakan melalui kerjasama dengan Kadin kabupaten/kota,” ujar Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M Tr Hanla, didampingi Bupati Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur, dan beberapa pejabat lainnya.

Danlanal Herbiyantoko M Tr Hanla menjelaskan, kegiatan Operasi Servak Maritim massal ini dalam rangka mendukung dan menyukseskan program pemerintah untuk menanggulangi percepatan dan
penanganan penyebaran Wabah Covid-19 secara totalitas, dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki, sesuai dengan instruksi pimpinan, yakni Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono beserta jajarannya.

“Mudah-mudahan dengan dilakukannya kegiatan hari ini, sinergitas antar instansi dan Pemerintah Daerah (Pemda) dapat terus terjalin dalam rangka memutus matarantai penyebaran wabah Covid-19, serta dapat meningkatkan Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) di lapisan masyarakat,” harapnya.

Danlanal mengungkapkan, Lanal Banjarmasin selalu siap mendukung setiap program pemerintah, tak terkecuali program vaksinasi Covid-19.

“Kalau ada permintaan, dan stok dosis vaksinnya tersedia, kita selalu siap untuk melaksanakannya. Mari, kita secara bersama-sama untuk turut serta mendukung dan menyukseskan program vaksinasi, dengan menyerbu tempat-tempat yang menggelar program vaksinasi. Karena vaksinisasi diberikan secara gratis dan sudah teruji halal. Terlebih, vaksinasi kini sudah menjadi syarat dalam berkegiatan, seperti masuk mall saja harus sudah divaksin,” imbaunya.

Perlu diketahui, dengan diselenggarakannya vaksinisasi hari ini yang menyediakan 1.000 dosis, maka total program operasi Servak yang dilaksanakan Lanal Banjarmasin sudah tercatat sebanyak 47 kali kegiatan, dengan jumlah masyarakat yang divaksin mencapai 16.580 orang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, yakni Perwira Staf Lanal Banjarmasin, Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny Farrah Herbiyantoko, dan Ketua DPRD Kabupaten Banjar, M Rofiqi.(zai/klik)