Dapat Penghargaan Proklim Utama, Ini Komponen Terpenuhi Desa Mandikapau Barat dan Ponpes Darul Hijrah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Desa Mandikapau Barat di Kecamatan Karang Intan, dan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hijrah di Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura mendapat penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) RI. Penyerahan penghargaan diserahkan secara virtual oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar bersamaan seremoni penutupan Festival Iklim 2021, Selasa (19/10/2021) di Jakarta.

Di Kabupaten Banjar, kegiatan penutupan Festival Iklim diikuti dari Pondok Pesentren Darul Hijrah di Cindai Alus. Ikhwansyah, Asisten Bidang Perekenomian dan Pembangunan hadir bersama Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Mursal, Lurah Sekumpul Gusti Marhusin, dan Pimpinan Ponpes Darul Hijrah KH Zarkasyi Hasbi.

Menurut Plt Kepala DLH Banjar Mursal, penghargaan yang diterima merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada daerah sebagai kampung yang peduli dengan pengelolaan lingkungan hidup serta menjaga ketahanan perubahan iklim.

”Penghargaan Proklim sendiri merupakan program yang dikelola pemerintah pusat melalui Kementerian Hidup Lingkungan dan Kehutanan dalam lingkup nasional yang melibatkan keterlibatan semua pihak baik pemerintah, swasta dan masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dalam menghadapi perubahan iklim dan dampak emisi rumah kaca” ungkap Mursal.

Disebutkan dia, ada dua komponen utama dalam Proklim. Yakni adaptasi dengan kondisi perubahan iklim yang terjadi berupa pengendalian dampak akibat banjir, kekeringan dan juga longsor.

“Komponen kedua dalah mitigasi, yakni kita bisa mengurangi, meminimalisir dampak yang terjadi apabila kita melakukan pengolahan sampah energi terbarukan,” kata Mursal. (to/klik)

BACA JUGA :
Peduli Lingkungan, Polres Banjar Gelar Aksi Bersih-bersih di PPS Martapura

Berita Terbaru

Scroll to Top