Masyarakat Antusias Ikut Vaksinisasi di Guest House Sultan Sulaiman

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pada 21 September 2021 lalu, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Banjar sempat mengalami penurunan, seiring menurunnya angka kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banjar, yakni berstatus PPKM Level 2.

Namun, setelah progres capaian program vaksinasi menjadi barometer utama fluktuasi level PPKM yang ditetapkan pemerintah pusat, yakni 40% capaian program vaksinasi untuk PPKM Level 2, dan 70% capaian program vaksinasi untuk turun ke level 1. Maka, status PPKM di Kabupaten Banjar yang semula di level 2, kini naik menjadi PPKM level 3. Pasalnya, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Banjar hingga 25 Oktober 2021 lalu baru mencapai 23%.

Untuk mengejar cakupan vaksinasi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), mengadakan program vaksinasi yang buka mulai pukul 08.00 hingga pada pukul 13.00 Wita, setiap Senin hingga Kamis, di Guest House Sultan Sulaiman, Jalan Ahmad Yani, Martapura, sejak 25 Oktober 2021 lalu.

Berdasarkan pemantauan dan data yang didapat klikkalimantan.com di lokasi pada Rabu (27/10/2021), sebanyak 189 orang mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan di Guest House Sultan Sulaiman tersebut.

“Pada Senin kemarin sebanyak 200 orang sudah mengikuti program vaksinasi, Selasa sebanyak 152 orang, dan hari ini, hingga pukul 13.00 Wita sudah tercatat sebanyak 189 orang yang divaksin,” ujar Ivan selaku Kepala Seksi (Kasi) Surveilance dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Banjar.

Ivan memprediksi, masyarakat yang divaksin pada hari ini bisa mencapai 200 orang lebih. Mengingat, masih ada permintaan untuk vaksinasi, seperti karyawan Bank Syariah Indonesia (BSI).

“Mestinya pukul 13.00 Wita ini sudah tutup. Tapi karena pelayanan Bank ingin divaksin, ya kita tunggu. Intinya kami siap memberikan pelayanan vaksinasi kalau ada permintaan meskipun pukul 13.00 Wita ini harusnya sudah tutup,” katanya.

BACA JUGA :
Saatnya Relawan BPK Dijamin Asuransi

Ivan memastikan ketersediaan dosis vaksin di Guest House Sultan Sulaiman Martapura mencukupi, terlebih Dinkes Kabupaten Banjar mendapat sekitar 32.000 dosis vaksin merek Sinovac, dan 1.000 dosis vaksin merek Astrazenaca yang didapat dari berbagai pihak.

“Untuk program vaksinasi di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, stok vaksinnya kita ambil sesuai kebutuhan. Jika stoknya mulai berkurang, kita langsung tambah lagi. Di sini kan tidak ada tempat penyimpanan vaksinnya,” tuturnya.

Dengan jumlah 15 orang tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas pada program vaksinasi di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Ivan memastikan pihaknya masih sanggup melayani masyarakat.

“Kami pun selalu mengimbau masyarakat yang mengikuti program vaksinasi di Guest House Sultan Sulaiman Martapura ini agar turut serta mengajak keluarga, saudara, dan kerabat dekatnya, untuk mengikuti program vaksinasi. Kami juga menyebarkan pamflet imbauan dan lainnya. Terlebih, akses untuk menuju ke tempat ini sangat mudah, dan tempatnya cukup nyaman, karena tidak berdesakan. Area parkir pun cukup luas,” ajaknya.

Atas antusias masyarakat yang turut serta menyukseskan program vaksinasi tersebut, Ivan berharap dapat meningkatkan capaian program vaksinasi di Kabupaten Banjar saat ini.

“Program vaksinasi di Kabupaten Banjar ditarget mencapai sekitar 500.000 jiwa. Saat ini penduduk yang sudah divaksinasi sekitar 99.000 lebih atau sekitar 24,25%. Di hari libur pun kami melaksanakan program vaksinasi massal di tempat lain. Begitu pula Puskesmas, terus melaksanakan kegiatan vaksinasi,” pungkasnya.(zai/klik)

 

Berita Terbaru

Scroll to Top