Bimtek PUG, Upayakan Persamaan Gender di Banjarbaru

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perlindungan Anak (PPKBPMPPA) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengarusutamaan Gender (PUG), Jumat (5/11/2021) di Aula Gawi Sabarataan, Balaikota Banjarbaru. Bimtek diikuti Tim Evaluasi PUG dan Sosialisasi Kelurahan Perempuan dan Peduli Anak.

Kepala Dinas PPKBPMPPA Kota Banjarbaru, Hj Mahrina Noor menyampaikan, sesuai Instruksi Presiden Nomor 9/2000, bahwa pengarusutamaan gender merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender atau menghilangkan adanya diskriminasi.

“Karena itu dilaksanakan bimtek ini yang diikuti 30 peserta dan narasumber fasilator PUG dari kementerian dan provinsi,” ujarnya.

Senada, Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum, Lesa Fahriana yang hadir pada pembukaan bimtek mengatakan perencanaan dan penganggaran responsif gender merupakan instrumen untuk mengatasi adanya kesenjangan akses, kontrol dan manfaat pembangunan bagi laki-laki dan perempuan.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 9/2000, bahwa pengarusutamaan gender merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender atau menghilangkan adanya diskriminasi. Kesetaraan gender menjadi salah satu aspek penting dalam peningkatan pembangunan masyarakat.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Banjarbaru tentu saja berkomitmen untuk mendorong terealisasinya hak-hak perempuan di semua bidang pembangunan, dan bersama sama untuk memperjuangkan peningkatan hak-hak perempuan,” ujarnya.

Ditambahkan dia, Oktober lalu, Kota Banjarbaru menerima Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya. Penghargaan dari kementerian ini karena keseriusan dan komitmen kepala daerah dalam menjalankan strategi PUG sebagai upaya untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan. (to/klik)

BACA JUGA :
APBD 2019 Kabupaten Banjar Dipastikan Bertambah, Segini Besarannya