Bikin Warga Tanggap dan Siaga Bencana, BPBD Banjar Sosialisasi PRB dan Rehabilitasi Pasca Bencana

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SOSIALISASI - Sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana yang dilaksanakan BPBD Kabupaten Banjar di Desa Lok Tangga, Kecamatan Karang Intan belum lama tadi. (foto:to/klik)

KLIKKALIMANTAN.COM – Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam penanggulangan bencana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengelar Sosialisasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana dua desa; Desa Keliling Benteng Kecamatan Martapura Barat, Selasa (26/3/2019) dan Desa Jambu Burung Kecamatan Beruntung Baru, Rabu (27/3/2019).

Irwan Kumar, Kepala BPBD Kabupaten Banjar mengatakan, melalui sosialisasi yang dilaksanakan diharapkan tertanam budaya sadar bencana, serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka Pengurangan Risiko Bencana (PRB).

“Serta meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan, dan peran aktif, terutama masyarakat yang ada di daerah rawan bencana,” ujarnya.

Tak hanya sosialisasi rehabilitasi dan rekonstruksibpsaca bencana, sosialisasi PRB juga dilaksanakan di dua desa; Desa Lok Tangga Kecamatan Mataraman dan Desa Keramat Mina pada 25 – 26 Maret. Ada juga pelatihan penguatan kelembagaan penanggulangan berbasis masyrakat (PBBM) yang dilaksanakan di Kecamatan Astambul pada 21 Maret, dan di Kecamatan Mataraman (28/3/2019).

Sekretaris Desa Keramat Mina, Soddig berpendapat, Sosialisasi PRB sangat baik dan positif dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap potensi ancaman bencana. Sosialisasi pula mengajak masyarakat aktif dan berinisiatif dalam melakukan upaya-upaya PRB di desa.

“Kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya bencana juga meningkat melalui kegiatan PRB yang dilaksanakan BPBD ini,” kata Soddiq. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Soal Sungai dan Drainase Jadi Atensi Komisi III di Pembahasan RTRW

Berita Terbaru

Scroll to Top