Kejar Target Vaksinasi, Unicef Bantu Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – United Nations International Children’s Emergency Fund (Unicef) Indonesia perwakilan Kalimantan Selatan akan ikut ambil bagian membatu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten. Ini lantaran, persentase capain vaksinasi di kabupaten ini masih sangat rendah.

Akan dibantu Unicef dalam upaya percepatan vaksinasi disampaikan Kepala Dinas (Dinkes) Kabupaten Banjar, dr Diauddin pada Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program Percepatan Vaksinasi Covid 19, Rabu (8/12/2021) di salah satu hotel di Banjarbaru. Pertemuan dibuka Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Masruri.

“Selaian membantu percepatan vaksinasi, kerjasama Pemkab Banjar dan Unicef untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat vaksin Covid-19,” kata Diauddin.

Diakuinya, 32 persen, cakupan vaksinasi di Kabupaten Banjar masih jauh dari target ditetapkan akhir Desember ini, 70 persen. Kalkulasi maksimal cakupan vaksinasi yang mungkin terkejar 55 – 60 persen.

”Mari kita bersama sama mengawal kebijakan pemerintah pusat dalam capaian target vaksinasi. Program nasional harus diutamakan dan vaksinasi menjadi prioritas utama kita saat ini. Semoga dari hasil pertemuan ini menghasilkan orang-orang yang berkompeten dan berkeahlian dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya suntik vaksin,” jelasnya.

Nurjannah dari Unicef perwakilan Kalsel memaparkan, dari pertemuan yang dilaksanakan diketahui sejumlah kendala, sekaligus solusi yang dapat dilakukan agar target nasional vaksinasi tercapai. Untuk upaya percepatan vaksinasi diperlukan tambahan tenaga IT dan vaksinator, dengan kemampuan 1 vaksinator menyuntik 70 orang.

”Terlihat ada beberapa masalah yaitu adanya gap dari data manual dan elektronik, kurangnya kesadaran warga akan pentingnya vaksin dan perlunya dibentuk tim IT kabupaten untuk input dan entri data. Kami akan berusaha membantu dalam meminimalkan masalah tersebut,” ucapnya. (to/klik)

 

BACA JUGA :
Kolaborasi TP PKK Banjar dan SKPD, Tahun Ini Aksi Nyata

Berita Terbaru

Scroll to Top