Ingin Berobat atau Konsultasi Seputar HIV/AIDS! RSD Idaman Banjarbaru Punya Poli VCT

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru layak menjadi pilihan bagi yang ingin berobat, atau sekadar berkonsultasi seputar penyakit HIV/AIDS. Karena di sana telah ada Poli Voluntery Consulting and Test (VCT) HIV/AIDS.

Direktur RSD Idaman, Dr Endah Labari Silapurna melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha, dr Danny Indrawardhana mengatakan, Poli VCT menjadi pusat layanan bagi para pasien HIV/AIDS, atau disebut juga Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). “Beberapa nakes juga telah menjadi konselor HIVAIDS,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan layanan pada Poli VCT sangat membantu ODHA. Juga warga Kota Banjarbaru yang ingin berkonsultasi seputar penyakit mematikan ini. “Selain nakes yang juga menjadi konselor, di Poli VCT juga tersedia anti virus tersebut,” katanya. Rabu (01/12/2021).

Termasuk penyakit mematikan, karena itu dr Danny mengimbau masyarakatwaspada dan mengihdarinya. Caranya dengan tidak melakukan aktivitas seksual berisiko dan menghindari penggunaan narkoba khususnya yang menggunakan transmisi melalui pembuluh darah.

Imbauan yang sama juga disamapaikan kepada khalayak umum agar tidak mengucilkan ODHA, lebih-lebih diskrimasi padamereka. “Karena mereka berhak untuk melanjutkan hidup dan memiliki kesetaraan dalam memperoleh hak akses yang sama dalam pelayanan kesehatan,” kata dr Danny. (to/klik)

BACA JUGA :
Wujudkan Pemilu 2024 Lebih Baik, Kesadaran Masyarakat Terhadap Pengawasan Pemilu Harus Dibangun

Berita Terbaru

Scroll to Top