Hujan, Permukaan Air Meninggi di Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Berdasarkan data update pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar per Desember 2021 sekitar pukul 19.00 Wita kemarin, tinggi air yang menggenangi beberapa kecamatan mengalami peningkatan pasca diguyur hujan sehari penuh.

Perihal tersebut diungkapkan Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPBD, HM Riza Dauly, melalui Azhar Alamsyah selaku Sekretarisnya, ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (21/12/2021).

“Berdasarkan informasi 20 Desember 2021 pada pukul 19.00 Wita, permukaan air banjir di Kecamatan Martapura tetap di 40 cm. Sedangkan di Kecamatan Martapura Timur naik ke 40 cm, Astambul naik ke 70 cm, Sungai Tabuk naik ke 35 cm, Martapura Barat 60 cm. Begitu pula ketinggian permukaan air di Kecamatan Cintapuri Darussalam, mengalami peningkatan ke 50 cm,” bebernya.

Salain faktor intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Banjar, papar Azhar, kenaikan permukaan air banjir di beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Martapura Martapura Timur, dan Martapura Barat, juga dipengaruhi kondisi iklim cuaca hujan di wilayah Utara Kota Banjarbaru.

“Sehingga terjadi kenaikan permukaan air di 6 kecamatan tersebut terhitung sejak 19 Desember 2021, yakni Kecamatan Martapura, Martapura Timur, Martapura Barat, Sungai Tabuk, dan Kecamatan Astambul, serta Kecamatan Cintapuri Darussalam,” ungkapnya.

Azhar memastikan, BPBD Kabupaten Banjar akan terus melakukan pemantauan di sejumlah wilayah yang masih terendam banjir. Khususnya yang mengalami peningkatan permukaan air.(zai/klik)

 

BACA JUGA :
Pansus Akan Polisikan Penambang Ilegal di konsesi lahan eks PKP2B

Berita Terbaru

Scroll to Top