Polres Tanbu Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Intan 2021

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, BATULICIN – Penyematan pita tanda dimulainya Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Intan 2021 dilakukan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), HM Rusli, dalam acara Apel Bersama di halaman Mapolres Tanbu, Kamis (23/12/2021).

Wabup HM Rusli selaku pemimpin upacara, dalam kesempatan tersebut melakukan pengecekan kesiapsiagaan pasukan peserta Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin intan 2021, didampingi Kapolres dan Dandim.

“Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin intan 2021, mari kita tingkatkan sinergitas polisi dengan instansi terkait, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” kata Wabup HM Rusli, ketika membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021, dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya,” sambungnya.

Wabup HM Rusli memaparkan, perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dilakukan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini, sambung HM Rusli, tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

“Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari. Mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,” tegasnya.

Disebutkan, dengan tetap menerapkan prokes mencegah penyebaran Covid-19, diharapkan masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

BACA JUGA :
HIPMI Bersama Nanang Galuh Balangan Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

Sementara itu, Kapolres Tanbu AKBP Himawan Sutanto Saragih mengatakan, dalam pelaksanaan pengamanan Natal, Polres Tanbu menerjunkan 165 orang personel. Sedangkan untuk pengamanan Tahun Baru, pihaknya menerjunkan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan, sebanyak 475 personel.

Untuk itu telah disiapkan lima pos pengamanan. Yakni di wilayah Pasar Minggu, Kusan Hilir, pelabuhan fery, Pantai Angsana, dan Satui.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, dan peniadaan kegiatan malam tahun baru, sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 62 Tahun 2021 tentang PPKM pada momen Natal dan Tahun Baru,” ujar Kapolres Tanbu.

Pada kesempatan tersebut, Wabup HM Rusli menyerahkan penghargaan Gubernur Kalsel kepada Kapolres Tanbu terkait penanganan Covid-19.(mud/klik)