Stok Bahan Pokok Tanbu pada Nataru Aman

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BATULICIN – Stok bahan kebutuhan pokok (Bapok) dan Bahan Kebutuhan Pokok Penting (Bapokting) untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dipastikan aman.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Tanbu, H Deny Harianto, melalui Kabid Perdagangan H Ahmad Heriansyah, Selasa (28/12/2021).

Dikatakanya, pihaknya bersama Tim Satgas Ketahanan Pangan Tanbu telah melakukan pemantauan Bapok dan Bapokting ke beberapa gudang Distributor besar, yaitu PT Bintang Sinar Jaya, PT Kalimas Kharisma, dan PT Borneo Jaya Distribusindo, semua menyatakan stok aman dan harga tidak mengalami kenaikan signifikan.

“Ketersedian bahan pokok dalam kondisi aman, karena para distributor sudah beberapa minggu yang lalu melakukan penambahan stok dalam persiapan Nataru, seperti juga tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

“Walaupun ada beberapa merk minyak goreng yang mengalami penurunan stok, namun masih bisa ditutupi dengan minyak goreng merk lainnya, dimana kita tahu bersama bahwa ketersediaan minyak goreng secara nasional lagi mengalami kendala,” tambahnya.

Sedangkan bahan komoditi vital lainnya, seperti beras, gula, tepung, dan lainnya, masih aman. Bahkan ketersediaannya berlebih dari bulan-bulan yang lalu.
Selain melakukan pemantauan di gudang distributor, Tim Satgas Ketahanan Pangan Tanbu juga melakukan monitoring harga Bapok dan Bapokting di pasar-pasar tradisional.

Ada beberapa Bapok terjadi kenaikan harga, seperti minyak goreng Bimoli dari Rp.20.000 menjadi Rp23.000/ltr.
Minyak curah dari harga Rp17.500/ltr menjadi Rp18.000/ltr, cabe merah kriting dari harga Rp80.000/kg menjadi Rp.85.000/kg, cabe rawit merah dan cabe taji dari harga Rp100.000/kg menjadi Rp130.000/kg. Serta bawang merah dari harga Rp20.000/kg naik menjadi Rp25.000/kg. (mud/klik)

BACA JUGA :
TP4D Kejari Kabupaten Banjar Kawal Proyek Tanpa IMB

Berita Terbaru

Scroll to Top