Walikota Serahkan Bansos Santunan Kematian

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Poto : Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina secara simbolis menyerahkan bansos santunan kematian kepada ahli waris bagi warga yang kurang mampu

Klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin, melalui Dinas Sosial (Dinsos), menyerahkan santunan kematian untuk warga miskin yang termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Banjarmasin, di Lobby Balaikota Banjarmasin, Selasa (28/12/2021).

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, menyampaikan terima kasih serta memberikan apresiasi kepada Dinsos yang telah berusaha selalu melaksanakan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial.

“Program bantuan sosial santunan kematian ini bertujuan memberikan pelayanan perlindungan jaminan sosial kepada penduduk Kota Banjarmasin yang kurang mampu,” ucapnya.

Ibnu Sina menyebut, kriteria penduduk kurang mampu yang mendapat bansos tersebut adalah: mereka yang tercatat dalam DTKS. Mereka yang benar-benar layak dibantu itu diusulkan dalam DTKS, melalui mekanisme dan sistem-sistem informasi kesejahteraan sosial.

“Data untuk santunan kematian bagi warga yang masuk dalam DTKS kesejahteraan sosial ini totalnya ada 338 jiwa yang meninggal dalam rentang tahun 2021. Jumlah terbanyak di Banjarmasin Barat, sekitar 100 orang. Kemudian yang paling sedikit di Banjarmasin Timur, 37 orang,” sebutnya.

Ibnu Sina menjelaskan, bantuan yang diberikan secara simbolis itu termasuk kategori bantuan belanja sosial yang tidak direncanakan.

“Karena kematian tidak bisa direncanakan, sehingga memang perlu waktu dan mekanismenya. Karenanya baru di akhir tahun kita serahkan,” ungkapnya.

Ibnu Sina menambahkan, bantuan itu diterima oleh ahli waris dan diserahkan secara non tunai melalui nomor rekening masing-masing yang sudah dibuatkan oleh Bank Kalsel.

“Mudah-mudahan ini bisa meringankan bagi warga yang tertimpa musibah, kemudian juga silahkan dimanfaatkan oleh ahli waris dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.(sin/klik)