Optimalkan Fungsi Drainase di Kawasan Perkotaan, Dinas PUPRP Lakukan Normalisasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Optimalkan saluran air di kawasan perkotaan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar, melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA), melakukan normalisasi drainase.

Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPRP Kabupaten Banjar, HM Riza Dauly, melalui Jimmy selaku Kepala Bidang (Kabid) SDA mengatakan, normalisasi drainase tersebut guna mencegah terjadinya banjir genangan akibat meluapnya air pada saluran drainase saat intensitas curah hujan tinggi.

“Kegiatan ini dilakukan berdasarkan arahan Bupati Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur, yang menginginkan drainase di kawasan perkotaan agar dilakukan normalisasi dengan pembersihan dan mengangkat sampah bercampur lumpur yang mengendap di saluran drainase, sehingga saluran air dapat kembali berfungsi secara optimal,” ujar Jimmy, di sela memantau kegiatan normalisasi drainase di Jalan Sukaramai pada, Jum’at (4/2/2022) pagi.

Sebelumnya, kawasan samping ruas Jalan Sukaramai dan Jalan Kenanga banyak lapak dan kios kecil Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berdiri di atas saluran air.

Karena itu, papar Jimmy, guna memudahkan pengerjaan, pihaknya melakukan koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banjar sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda), untuk mensterilkan kawasan tersebut dari PKL.

“Setelah tidak ada lagi lapak dan kios kecil milik PKL, terhitung sejak 1 Februari 2022 hingga hari ini, kita pun dapat melakukan kegiatan pembersihan drainase di Jalan Sukaramai dan Jalan Kenanga, dengan menurunkan sebanyak 20 orang petugas kebersihan dari Bidang SDA, serta 1 unit armada angkut mobil pickup dan 1 unit motor Tossa,” ucapnya.

Kendati upaya pembersihan PKL yang beroperasi di atas saluran drainase sudah dilakukan Satpol PP, namun saat Bidang SDA melakukan pembersihan, masih ada saja pedagang yang ngeyel dan kembali menggelar dagangannya di atas saluran drainase samping ruas Jalan Suka Ramai.

BACA JUGA :
Disperdagin Upayakan Genangan Tak Lagi Terjadi di Pasar Sudimampir

“Terkait keberadaan satu unit kios milik PKL ini akan segera kita koordinasikan dengan Satpol PP untuk menindaklanjutinya. Tapi, untuk pengerjaan normalisasi drainase hingga saat ini tidak ada kendala,” katanya.

Selain melakukan pembersihan endapan sampah dan lumpur di saluran air Jalan Suka Ramai dan Jalan Kenanga, lanjut Jimmy, Bidang SDA Dinas PUPRP sudah melakukan normalisasi drainase di samping ruas Jalan Guntung Alaban, Kelurahan Sungai Paring, dua pekan lalu.(zai/klik)

 

Berita Terbaru

Scroll to Top